6 Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Pada Android Anda

0
119

Anda memiliki perangkat Android? Tentu saja, seiring dengan lamanya perangkat itu digunakan, performanya makin menurun. Hal itu disebabkan bisa saja banyak aplikasi yang terinstall, dan banyak pula aplikasi yang diuninstall. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk Android Anda, supaya performanya tetap prima.

misc_5 tips 1

Root Android Anda!
Jangan takut untuk melakukan proses rooting. Bagaimanapun juga, ponsel rooted masih bisa dikembalikan ke konisi semula (unroot) kapan saja Anda mau. Malah, dengan proses rooting kita bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti instalasi aplikasi tambahan di memori eksternal sehingga tidak memenuhi memori internal.

misc_5 tips 2

 

  • Download aplikasi untuk membackup data ponsel
    Ini dia yang sering disepelekan oleh para pengguna ponsel. Banyak orang yang meminta ulang nomor kontak kenalannya waktu ponselnya hilang/ganti baru/ter-reset. Padahal, dengan melakukan proses backup, kita bisa melakukan proses restore, mirip copy-paste, dan data bisa kita dapatkan dengan mudah tanpa perlu repot tanya-tanya.

 

Install Aplikasi Link2SD atau aplikasi sejenis
Aplikasi Link2SD bisa membuat link ke aplikasi yang Anda pilih, sementara aplikasi tersebut akan dipindah ke memori eksternal. Jadi yang tersimpan di memori internal hanya linknya saja, yang tidak membutuhkan banyak tempat. Menggunakan aplikasi ini berbarti harus membagi eksternal memori Anda menjadi 3 partisi, partisi pertama untuk data (FAT32), partisi kedua untuk aplikasi (ext2/ext3/ext4), partisi ketiga untuk swap.

misc_5 tips 4

Install Antivirus bila perlu
Jika Anda suka mendownload file APK dari sumber luar (bukan dari Google Play), maka antivirus harus ada pada Android Anda untuk mencegah kemungkinan penyusupan malware dari APK tersebut.

misc_5 tips 5

Install aplikasi utility lain
Ada beberapa aplikasi utility yang mungkin layak Anda coba, seperti Titanium Backup, SD Maid Pro, dan lain-lain.

misc_5 tips 6

  1. Minimalisir penggunaan memori internal sebagai media penyimpanan.

Setelah keenam tips dan trik tadi diterapkan pada Android kesayangan, Anda baru akan merasakan kenyamanan menggunakan Android dengan performa yang lebih lancar, sekaligus mudah dalam proses instalasi aplikasi-aplikasi baru. Happy exploring.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here