8 Aplikasi iPad yang Sangat Berguna

0
236

27

Salah satu yang bikin susah saat memiliki iPad adalah gejala “lapar mata”. Setiap hari mantengin AppStore itu bukan tindakan yang baik, saudara-saudara. Apalagi kalau tidak jailbreak, wah, bisa-bisa tiba-tiba tagihan kartu kredit membengkak.  Karena itu, nanya kiri kanan dan liat review-review dulu sebelum membeli aplikasi. Tujuannya adalah: 1. Menghindari membeli aplikasi yang jelek, dan 2. Menghindari membeli aplikasi yang ternyata gak terlalu kepake. Maklumlah, aplikasi-aplikasinya memang lucu-lucu, dan sangat menggiurkan.

Setelah beberapa lama pegang iPad, saya menemukan sejumlah aplikasi yang benar-benar berguna dan bisa dipakai sehari-hari. Yang lebih penting, aplikasi ini saya rasakan secara konsep, kegunaan, dan interface, sangat cocok dengan konsep iPad, dan justru kurang cocok digunakan di gadget lain, seperti laptop, atau HP.

Membaca

Salah satu aktivitas yang paling enak dilakukan di iPad dibandingkan dengan di laptop atau HP adalah membaca. Di laptop kurang portabel, jadi gak bisa dilakukan di mana-mana. HP enak, tetapi kurang besar.

Berikut ini beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan untuk membaca:

1. Wayang force

Wayang force merupakan aplikasi yang sangat Indonesia. Kita bisa beli majalah online, download, dan membaca secara lokal (langsung dari iPad kita tanpa perlu koneksi ke internet). Rata-rata majalah bisa dibeli dengan harga $1-$2 saja (lebih murah dari versi hardcopy). Keuntungannya adalah, sekali kita bawa iPad, sama saja dengan kita membawa beberapa eksemplar majalah sekaligus. Jangan khawatir, ada banyak majalah yang free di sini.

28

URL: http://itunes.apple.com/id/app/wayang-force/id407692192?mt=8 Harga:free

2. Instapaper

Instapaper adalah aplikasi yang sangat menyenangkan. Di saat kita browsing, setiap kali menjumpai hal yang menarik, kita bisa langsung klik tombol di toolbar “Read Later” (yang bisa diinstall di Firefox). Setelah itu, kita bisa synchronize iPad kita (dengan account yang kita bisa buat sebelumnya, gratis), dan, voilla, artikel sudah tersedia di iPad secara offline. Yang keren adalah, formatnya sudah disesuaikan sehingga sangat enak dibaca, dan iklan pun sudah di-strip.

29

URL: http://itunes.apple.com/us/app/instapaper/id288545208?mt=8 Harga:$4.99

3. Good reader

Merupakan aplikasi ultimate untuk membaca. Kita bisa highlight, annotate, browse / mencari bookmark, dan hal-hal bagus lainnya. Beli ini, dan gak perlu lagi cari aplikasi untuk baca pdf.

URL: http://itunes.apple.com/us/app/goodreader-for-ipad/id363448914?mt=8Harga: $4.99

Mencatat / coret-coret / merekam

iPad juga sangat cocok untuk note-taking (mencatat / coret-coret / merekam). Untuk kegiatan itu, aplikasi yang enak untuk digunakan adalah:

4. Jot!

Aplikasi yang paling bagus untuk coret-coret, menurut saya adalah Jot!. Salah satu pesaingnya adalah Note Plus. Kenapa Jot! lebih bagus, menurut saya adalah karena justru Jot! lebih sederhana.

Meskipun lebih sederhana, Jot! masih tetap bisa digunakan untuk coret-coret (freehand), memasukkan teks ketikan, memindahkan objek, dan scrolling, dan lain-lain. Yang menurut saya keren, itu semua bisa dilakukan tanpa takut sering salah pilih objek dan memindahkan objek yang salah.

30

URL: http://itunes.apple.com/us/app/jot/id376133340?mt=8 Harga: $4.99 (tersedia versi gratisnya)

5. AudioNote

Salah satu kegiatan yang sangat terpikir untuk menggunakan iPad adalah membawanya ke meeting dan mencatat. Terkadang, saat pembicaraan memanas, kita ingin ikut diskusi. Di saat itu, aplikasi perekam semacam AudioNote sangat berguna. Rekam dulu, dengarkan dan catat belakangan.

31

URL: http://itunes.apple.com/us/app/audionote-notepad-voice-recorder/id369820957?mt=8 Harga: $4.99 (tersedia versi gratisnya)

Bekerja

Menurut saya, iPad sangat mendukung pekerjaan, meskipun belum bisa menggantikan laptop / PC. Maka dari itu, yang saya rekomendasikan adalah aplikasi yang sifatnya komplementer terhadap aplikasi kerja utama (Office, Visio, dll)

6. Pocket Informant

Aspek pekerjaan yang paling cocok dipindahkan ke iPad adalah PIM (Personal Information Manager). Di area PIM ini memang ada banyak sekali produk, dan diantara produk-produk tersebut, menurut saya, yang paling bagus adalah Pocket Informant (PI).

Memang sih mahal, tetapi ada beberapa fitur yang sangat bagus, diantaranya: integrasi dengan iCalendar (PI membaca baca dari iCalendar), synchronization with google calendar dan toodledo, user interface yang bagus sekali, dll. Karena mahal, PI sangat direkomendasikan digunakan untuk kerja, tidak hanya untuk mencatat ulang tahun, supaya jelas balik modalnya, hehe…

32

URL: http://itunes.apple.com/us/app/pocket-informant-hd-calendar/id380732176?mt=8 Harga: $14.99, saat ini sedang diskon di $9.99

7. Office2 HD / QuickOffice

Tidak terhindarkan, sesekali kita pasti butuh mengedit dokumen (tidak hanya membaca saja). Kalau kita mencari fitur selengkap di MS Word atau MS Excel, selain sulit, juga tidak bijaksana karena interface di iPad tidak enak untuk operasi se-kompleks itu. Karena itu, disarankan untuk hanya melakukan light-editing di iPad, dan untuk mengacak-acak dokumen lebih baik tetap dilakukan di laptop / PC.

Aplikasi yang mendukung light-editing dokumen adalah Office2 HD dan QuickOffice. Sampai sekarang, saya masih belum bisa menentukan yang mana yang lebih baik. Kelihatannya sih keduanya cukup mumpuni selama kegiatannya masih ringan dan lucu.

Office2 HD

33

URL: http://itunes.apple.com/us/app/id364361728?mt=8 Harga: $7.99

QuickOffice

34

URL: http://itunes.apple.com/us/app/quickoffice-pro-hd/id376212724?mt=8Harga: $14.99

Efektivitas

Salah satu yang saya rasakan menghambat dalam efektivitas menggunakan iPad adalah tidak enaknya ngetik di layar kaca dibandingkan di keyboard. Karena itu, saya rekomendasikan untuk belajar ulang mengetik di iPad, untuk menghindari kesalahan ketik secara terus menerus. Aplikasi yang saya usulkan adalah:

8. Tap Typing

Dengan Tap Typing, kita diajari bagaimana meletakkan jari-jari untuk mengetik di iPad. Tidak hanya mengetik huruf, kita juga diajari mengetik angka dan symbols secara lengkap.

35

URL:http://itunes.apple.com/us/app/taptyping-typing-trainer/id364237969?mt=8 Harga: $3.99

Damage cost.

Total harga aplikasi-aplikasi yang saya sebutkan di atas adalah: $47. Dengan kurs Rp. 8.500 per dolar, berarti sekitar Rp. 400.000,00. Mahal sih, memang. Untuk ngakalin, bisa nyicil beli, atau beli gratisan dulu dengan segala limitasinya, sampai akhirnya dirasa perlu beli aplikasi berbayar.

Di sisi lain, asesoris iPad kan memang mahal-mahal, ya? Cover / sleeve aja 400 ribu udah termasuk yang murah banget. Kemudian, mungkin perlu dipertimbangkan ulang beli keyboard bluetooth, karena dengan $3.99 saja kita mungkin sudah mahir mengetik di layar kaca, jadi gak perlu lagi keyboard external. Asik. Menghemat uang banyak dan lebih ringkas, gak perlu bawa-bawa keyboard. Jadi, mahal / murah itu relatif.

Kenapa hanya 8 aplikasi?

Kenapa hanya 8, dan bukan 10? Sengaja, karena masih sangat banyak aplikasi yang lucu-lucu dan bermanfaat. Beberapa yang terpikir adalah Notes Plus, Kindle, Wikipanion, iThoughts, Twitter, Facebook, Dropbox, dll. Belum lagi ngomongin games seperti Angry Birds, Cut the rope, Infinity Blade, dan semacamnya.

Apa saja aplikasi kesukaan anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here