AirDroid – Mengontrol Android Anda dari Desktop

0
285

AirDroid memberikan kemudahan bagi kita dalam mengakses gadget/handphone/tablet Android kita melalui Desktop Windows, Mac, atau Browser. Bayangkan kita dapat membaca / mengirimkan SMS, menghapus file yang tidak diperlukan, memindahkan data dari dan ke android – desktop, membuka phonebook dan kalendar kita yang ada di Android, menjalankan kamera, membuka galery photo (termasuk menghapusnya), menguninstall apps dari desktop anda. Bukankah ini sangat menyenangkan?

Bagi penulis, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang “must have“. Aplikasi ini juga free. Walaupun ada beberapa fitur yang perlu berbayar, penulis masih merasakan bahwa dengan fitur free saja sudah lebih dari cukup.

Aplikasi ini berjalan tanpa kabel, syaratnya harus berada dalam jaringan yang sama. Hati-hati, misalnya di tempat anda terdapat 2 jaringan bisa saja handphone anda terkonek ke jaringan yang satu, sedangkan komputer anda terkonek ke jaringan yang lain.

Image 1   Image 2

Untuk menggunakannya, anda harus mendownload aplikasi “AirDroid” tersebut di store. Bisa diakses di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sand.airdroid&hl=en. Lalu jalankan aplikasi tersebut. Layar pertama yang keluar dari aplikasi tersebut adalah URL yang dapat diakses menggunakan browser. Buka browser anda di desktop, lalu masukkan IP (4 angka yang dibatasi oleh titik) di browser anda. Lalu hp anda akan meminta konfirmasi bahwa apakah Anda adalah orang yang benar mengakses hp anda. Ini untuk perlindungan agar tidak ada orang lain yang dapat mengakses komputer Anda.

Voila, anda sudah dapat menjalankan secara remote Android Anda.

Selain menggunakan browser, anda juga dapat menggunakan aplikasi yang disediakan oleh AirDroid di websitenya. Anda bisa download versi Windows, atau OSX.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.