Android 4.0 “Ice Cream Sandwich”

0
190

Setelah tertunda beberapa saat karena meninggalnya pembesut Apple Steve Jobs, akhirnya Google resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya Android 4.0 “Ice Cream Sandwich” yang dibenamkan pada smartphone Samsung Galaxy Nexus Prime. Android terbaru ini diperkenalkan di sebuah acara di Hongkong tanggal 19 Oktober kemarin.

Android 4.0 “Ice Cream Sandwich” menawarkan perbaikan yang signifikan atas pendahulunya yang memadukan kemampuan Gingerbread dan Honeycomb dengan slogannya “Enchant me, Simplify My Life, and Make Me Awesome.” Berikut beberapa fitur baru yang ditawarkan Ice Cream Sandwich

1. Roboto, adalah jenis huruf baru pada Android Ice Cream yang menggantikan huruf lama Droid Sans.

2. Flexibele WIdgets, semua widget pada Android Ice Cream bisa disesuaikan ukurannya. Hal ini tentunya sangat berarti bagi pengguna yang kerap menampilkan banyak widget dalam satu home screen.

android4 11-about

3. Folders, seluruh aplikasi bisa dikategorikan dalam folder. Persis seperti yang ada dalam iOS.

4. Favorites Tray, pengguna kini bisa bisa menyimpan seluruh aplikasi yang paling sering digunakan, link, dan folder ke dalam satu tray khusus.

5. Taking Screenshot, kini pengguna bisa mengakses fungsi tersebut hanya dengan menekan dan tahan tombol power bersamaan dengan tombol volume turun.

6. Face Unlock, Hampir sama dengan fitur pada beberapa notebook, pengguna dapat membuka lock ponsel mereka dengan menggunakan kamera bagian depan. Perangkat bekerja dengan cara mendeteksi wajah pemakai dan memastikan apakah itu benar-benar pengguna yang terdaftar untuk mengakses ponsel tersebut.

7. Browser, Kini pengguna tidak hanya bisa membuka 16 halaman sekaligus, namun juga menyimpannya untuk kemudian diakses secara offline.

8. Camera, Ada banyak sekali fungsi kamera yang ditingkatkan, sebut saja image stabilization, autofocus, panorama, dan beberapa fitur editing foto.

android4 ics-lg

9. Data Usage, Penggunaan data internet kini juga bisa dipantau dalam Android Ice Cream Sandwich. Pengguna kini bisa mengetahui aplikasi apa saja yang rakus konsumsi data.

10. People App, Sistem integrasi daftar kontak konon telah ditingkatkan. Pengguna kini tidak hanya bisa sinkronisasi dengan daftar di Google+, Facebook, Twitter dan lainnya, tapi juga menentukan daftar kontak favorit dan menempatkannya dalam satu folder yang mudah diakses.

11. Android Beam, Fitur sharing dengan memanfaatkan NFC yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten, data, aplikasi, dll juga untuk android market.

android4 4-rear-held

12. Gmail, Mendukung dua baris preview dan memungkinkan untuk menggeser ke kiri dan kanan antara email.

13. Voice Typing, memungkinkan pengguna melakukan pencarian dengan berbicara ke ponsel. Pada “Ice Cream Sandwich” fitur ini diperluas sehingga pengguna dapat mendikte teks yang akan tertulis.

Masih banyak kelebihan lainnya yang harus dicoba, kita tunggu saja rilis ponsel pertama pada bulan november mendatang. Persaingan antara android dan apple sepertinya makin seru nih, siapa pemenangnya ya?

Sumber:
techcrunch.com
techradar.com
detikinet.com
kabarit.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here