Android, Satu Sebutan, Beda Variasi

0
573

Android merupakan sebuah operating system untuk smartphone, yang di luar dugaan berkembang dengan sangat pesat. Tidak dalam waktu lama, pengguna Android telah melampaui jumlah pengguna iOs, Symbian, Windows Mobile, BlackBerry, dan seluruh operating system lain yang pernah diciptakan. Android adalah fenomena, yang telah tumbuh dan berkembang menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini.

Banyaknya perangkat yang menggunakan Android membuat kebanyakan orang mengira semua Android adalah sama. Jika hal ini juga terpikir oleh Anda, maka bersiap-siaplah untuk salah.
Biasanya kita telah lama menggeluti komputer, dan merasakan bahwasannya windows yang versinya sama akan berjalan dengan cara yang sama di komputer lain. Apapun jenis komputernya, selama memakai Windows yang sama, kita akan menjumpai bentuk, tampilan, cara pengoperasian, pengaturan dasar, dan lain lain yang persis sama. Hal ini tidak berlaku pada Android.

Android berbeda. Vendor-vendor yang menggunakan Android bisa saja menambah satu lapisan lagi, yang akan menjadi ciri khas dari Android tiap-tiap vendor. Sebuah smartphone yang menggunakan Android 2.3, misalnya, bisa saja memiliki cara pengoperasian yang berbeda dari smartphone lain yang juga menggunakan Android 2.3.

Contohnya, Samsung menambahkan interfacenya sendiri yang dinamakan Touchwiz, HTC menambahkan HTC Sense, dan lain-lain. Dengan user-interfacenya masing-masing, tiap vendor memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain.

Ketika versi terbaru dari Android keluar, para pengguna yang sudah memiliki Android versi sebelumnya tidak dapat serta-merta bisa menggunakan sistem operasi baru tersebut. User-user seperti itu masih harus menunggu vendor dari smartphone-nya masing-masing agar menyediakan update untuk smartphone terkait. Waktu yang diperlukan tiap-tiap vendor untuk mengeluarkan upgrade OS tersebut bervariasi. Ada juga kemungkinan bahwa smartphone yang Anda gunakan tidak lagi didukung oleh vendor, sehingga upgrade OS Android untuk smartphone yang Anda gunakan tidak lagi tersedia.

Inilah yang harus lebih Anda perhatikan apabila hendak membeli ponsel Android. Apakah ponsel yang akan Anda beli akan terus didukung oleh vendornya? Ataukah akan segera ditinggalkan tidak lama lagi? Vendor-vendor besar seperti Samsung, Sony, dan lain-lain biasanya memberikan pelayanan yang lebih baik daripada ponsel-ponsel keluaran Cina, yang harganya memang jauh lebih murah.

Apabila Anda berencana untuk menggunakan sebuah ponsel dengan waktu yang cukup lama, ada baiknya Anda mengusahakan ponsel dari vendor besar, yang meskipun lebih mahal, namun tetap disupport lebih lama dari ponsel-ponsel Cina pada umumnya.

android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.