Aplikasi “Business Model Generation” di iPad

0
252

37

Business Model Generation” termasuk metodologi dan buku yang sukses yang dapat membantu kita menentukan bisnis model untuk perusahaan kita. Business Model Generation memberikan framework yang bagus untuk membantu kita membuat bisnis model. Kita bisa memutuskan, jenis customer mana yang akan kita ambil, bagaimana cara kita mendelivery value kita ke customer, apa komponen biaya dan komponen pendapat kita. Bagaimana aktivitas dan resource yang diperlukan. Value pro osition apa yang kita perlukan, partnership apa yang diperlukan.

38

Selain itu, di buku ini juga diberikan beberapa contoh patterns, dimana dapat membuka pandangan kita melihat Business Model yang berbeda-beda. Lalu bagaimana proses membuat Business Model tersebut, bagaimana strategy nya, perbandingan dengan tools lain, skenario beberapa Business Model, dan bagaimana proses action dari satu Business Model yang ada ke Business Model yang dikehendaki.

39

Jika kita ke website resminya, kita bisa memperoleh template image kosong yang bisa dijadikan patokan. Biasanya file itu kita print di selembar kertas, lalu kita coret-coret kertas tersebut. Atau dijadikan background image di Microsoft Visio, lalu kita taruh tulisan di atas image tersebut. Agak sulit menurut saya.

40

Untungnya, sekarang ini mereka sudah membuat aplikasi di iPad. Harganya cukup mahal, 29.99 US$. Dan memang penggunaannya tidak akan sesering jika kita menggunakan aplikasi ebook reader misalnya. Tapi menurut saya pribadi, worth it.

Beberapa fitur yang ada:

  • Tersedianya kanvas kosong (maupun contoh).
  • Ada fitur perhitungan pengeluaran dan pemasukan.
  • Tulisan yang ditag, mirip seperti post it. Membuat kesan seperti bukan digital.
  • Ada keterangan setiap kita mau memasukkan tulisan. Ini membantu sehingga kita tidak perlu bolak balik buka buku.

Ada beberapa hal yang menurut saya perlu ditambahkan:

  • Jika saja ada aplikasi di desktop, sehingga user dapat membuka dan mengeditnya di desktop. Saat ini hanya ada fitur mengirimkan dalam bentuk csv dan image saja.
  • Perlu ada fitur import file. Atau open file dari tempat lain. Misalnya kita mau sharing tulisan kita dengan orang lain yang menggunakan aplikasi yang sama. Sekarang sulit (atau tidak bisa).
  • Perlu ada kumpulan / komunitas based dari patterns-patterns yang sudah dibuat orang lain. Di sini kita bisa belajar banyak sekali manfaatnya.
Link:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here