Aplikasi Google+ Versi 1.0.5 Untuk Android

0
90

51

Saat ini hampir semuanya pasti sudah tahu bahwa Google+ adalah sebuah situs jejaring sosial baru yang diramalkan bakal bisa menyaingi Facebook dan Twitter. Walaupun saat ini Google+ masih dalam versi beta namun jumlah pemakai dan tingkat popularitasnya semakin meningkat baik di Amerika maupun di belahan in di dunia, termasuk di Indonesia. Google+ bisa diakses dengan menggunakan browser maupun dari handphone berbasis Android maupun iPhone. Dalam artikel ini saya akan membahas akses Google+ dari aplikasi Google+ versi 1.0.5 untuk Android.

Handphone Android yang saya pakai untuk keperluan percobaan aplikasi Google+ ini adalah Samsung Galaxy Ace (GT-S5830) dengan sistem operasi Android Froyo. Tetapi saya juga mencobanya untuk Samsung Galaxy Tab 1, Samsung Galaxy Gio, dan Samsung Galaxy Mini, yang semuanya berjalan dengan baik.

Jika kita mencari aplikasi Google+ di Google Market, kita tidak akan menemukannya karena saat ini aplikasi tersebut hanya tersedia untuk para pengguna handphone di Amerika dan beberapa negara tertentu saja. Walaupun demikian, kita tetap bisa meng-install-nya selama package installer-nya tersedia. Kita bisa mengunduh package installer untuk aplikasi Google+ for Android versi 1.0.5 dari URL berikut ini:

http://forum.xda-developers.com/attachment.php?attachmentid=675574&d=1312357527

Jika Anda mengalami masalah pada saat mengunduhnya dari HP Android, gunakan PC untuk mengunduhnya. Lalu pindahkan berkas yang diunduh ke SD card HP Anda. Kemudian pastikan bahwa setting-an HP Anda agar bisa melakukan instalasi dari Unknown sources (setting-an ini bisa diakses dari menu Settings > Applications). Setelah itu, gunakan My files untuk mengakses file yang akan di-install, kemudian lakukan proses instalasi dengan cara memilihnya.

Setelah proses instalasi berhasil Anda akan dihubungkan dengan Google+ menggunakan akun Google yang telah terpasang di HP Anda. Setelah beberapa saat, tampilan Home aplikasi Google+ akan terlihat seperti dalam gambar berikut ini:

52

Dari ikon-ikon yang terlihat dalam gambar di atas, fungsi-fungsi Google+ dalam sebuah HP Android terlihat cukup jelas dan sederhana. Ikon Stream kita pilih untuk melihat status update dari teman-teman yang berada dalam lingkaran kita, fungsinya mirip dengan Facebook newsfeed.

Ikon Profile sesuai dengan namanya berfungsi untuk menampilkan informasi profil kita.

Demikian tulisan saya tentang aplikasi Google+ versi 1.0.5 untuk Android. Silakan dicoba dan di-explore lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here