Aplikasi Tepat Guna Untuk Symbian UIQ

0
486

178

Memiliki ponsel lawas terkadang menjadi suatu kebangaan tersendiri untuk beberapa orang, terutama yang tidak terlalu mengikuti perkembangan teknologi. Namun seringkali ketertinggalan teknologi tersebut memunculkan banyak kesulitan dalam mencari aplikasi-aplikasi yang bisa memudahkan penggunanya untuk melakukan sesuatu. Symbian UIQ merupakan salah satu tipe Symbian dimana penggunanya banyak mengalami kendala-kendala seperti itu. Pasalnya, tidak terlalu banyak ponsel yang menggunakan Symbian UIQ sebagai OS-nya. Beberapa ponsel yang menggunakan Symbian UIQ diantaranya:

  • Sony Ericsson
    P800, P900, P910, M600/M600i/M608c, P990/P990i/P990c, P1/P1i/P1c, W950/W950i/W958c, W960/W960i/W960c, G700, G900
  • Motorola
    A920, A925, A1000, M1000, RIZR Z8/Nahpohos Z8, RIZR Z10
  • Benq (P30, P31)
  • Nokia 6708
  • Arima (Arima U300, Arima U308)

Berikut adalah review dari 4 aplikasi yang dapat membantu para pengguna Symbian UIQ dalam berbagai hal.

1. MyPhoneExplorer (System Utility)

179

MyPhoneExplorer merupakan aplikasi yang tepat untuk sinkronisasi antara PC dan ponsel. Cukup install driver ponsel, hubungkan ponsel dengan PC menggunakan kabel USB, dan segalanya akan jadi mudah. Back up contact di phonebook, back up notes dan event-event di kalender, back up phone log, dan bahkan back up SMS yang masuk, tersimpan, dan terkirim, semuanya dapat dijalankan oleh perintah-perintah sederhana. Anda juga dapat mengedit data-data tersebut di komputer, yang kemudian dapat diintegrasikan balik dengan ponsel Anda.
Aplikasi ini dapat diunduh dengan gratis dari situs developernya,http://www.fjsoft.at/en/downloads.php.

2. Swiss Manager (System Utility)

180

Swiss Manager adalah sebuah aplikasi yang ditujukan kepada pengguna Symbian untuk mengakses seluruh kinerja sistem yang ada agar dapat melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan sistem, seperti menghemat penggunaan RAM, task manager, mengetahui sistem informasi pada ponsel, dan mengakses data pada ponsel dengan file manager. Versi trial dari Swiss Manager dapat diunduh di situs resmi developernya, CellPhoneSoft.http://cellphonesoft.com/prods6/sm/sm.php

 

3. eBuddy (Chat)
Telah diulas secara khusus di blog x-phones, http://x-phones.com/blog/2369/chat-multi-akun-dengan-ebuddy-messenger, eBuddy merupakan aplikasi pihak ketiga yang dapat memberikan fasilitas instant messaging multi platform kepada usernya.
eBuddy dapat diunduh secara gratis di situs resminya, ebuddy.com.

4. Opera Mini dan Opera Mobile
Beberapa ponsel mungkin sudah dibekali oleh Opera Mobile, namun mungkin beberapa lainnya tidak. Penggunaan Opera Mini maupun Opera Mobile dianggap telah merakyat, sehingga digunakan oleh hampir semua pemilik Symbian UIQ.

181

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.