AUGMENTED REALITY – SEMUA YG PERLU ANDA KETAHUI

0
136

EVERYTHING YOU NEED TO KNOW ..

Augmented reality bukanlah teknologi baru, namun penggunaan konsumen yang meluas belum pernah terlihat, setidaknya sampai Pokemon GO. Seperti yang telah ditunjukkan oleh fenomena Pokemon, AR memiliki banyak potensi. Selain game, Google Tango dan Microsoft’s HoloLens adalah teknologi lain yang berada di garis depan AR. Jadi apa itu AR? Bagaimana cara kerjanya? Dan bagaimana Anda bisa menulis aplikasi AR? Mari kita cari tahu

APA ITU AUGMENTED REALITY ??

Mari kita turunkan istilah “augmented reality” sebentar. “Augmented” berarti membuat sesuatu yang lebih kompleks dengan menambahkan sesuatu ke dalamnya. “Realitas” dikenal sebagai keadaan benda sebagaimana adanya.
Pada gambar di awal artikel ini, adegan sedang diperbesar dengan menambahkan logo Android Authority ke tempat kejadian di atas kotak sunglass. Perlu diingat bahwa kenyataan yang diperbesar tidak terbatas hanya pada gambar, suara dan perangkat tambahan sensorik lainnya juga mungkin dilakukan.
Contoh bagus dari bentuk augmented reality yang kita alami paling banyak adalah first first downstrowized selama pertandingan sepak bola. Militer juga menggunakan augmented reality untuk pasukan daratnya menggunakan perangkat yang mirip dengan HoloLens Microsoft. Tapi bagaimana cara kerjanya?

BAGAIMANA CARA KERJA AUGMENTED REALITY ??
Secara eksplisit berfokus pada ponsel cerdas sebagai contoh spesifik, AR bekerja dengan memiliki aplikasi yang mencari penanda, biasanya kode batang hitam dan putih atau yang ditetapkan pengguna (lebih detail di bagian Persatuan). Begitu penanda ditemukan, objek 3D kemudian dilapiskan pada penanda. Dengan menggunakan kamera telepon untuk melacak posisi relatif perangkat dan penanda, pengguna dapat berkeliling penanda dan melihat objek 3D di semua sudut. Ini membutuhkan banyak tenaga kuda, karena ponsel perlu melacak posisinya serta posisi spidol sehingga objek 3D terlihat benar.

gambar : google

GAMBAR : ANDROID AUTHORITY

Permainan seperti Pokemon Go bekerja sedikit berbeda dengan cara AR digunakan. Alih-alih menggunakan placeholder fisik dengan objek yang diberikan di atasnya, Pokemon Go hanya menampilkan objek 3D di atas tampilan kamera dengan beberapa trik mendalam. Dengan menggunakan metode ini, Pokemon GO tidak memiliki kemampuan untuk berjalan mengelilingi Pokemon sesuai dengan logo Android Authority di contoh. Sebenarnya, tidak ada pelacakan jarak jauh yang terlibat di sini, Anda bisa leluasa berjalan-jalan dan Pokemon akan tetap tampil sama jaraknya dari Anda, selama Anda menghadap ke arah yang benar. Ini mungkin berakhir menjadi cara yang lebih umum augmented reality digunakan di ruang mobile, karena tidak memerlukan benda fisik untuk ditempatkan di sekitar dunia nyata.
Smartphone saat ini hanya mampu membuat fungsi AR dasar saat ini, dengan penggunaan yang lebih praktis lebih ditujukan untuk perangkat khusus seperti Microsoft HoloLens, yang dikenal dengan Heads Up Displays (HUDs).

Di ponsel, Google telah bekerja keras di Tango. Ini berbeda dengan standar augmented reality di ponsel sejak Tango memiliki perangkat keras khusus untuk meningkatkan pengalaman. Tango menggunakan visi komputer untuk melacak gerak, memiliki persepsi mendalam dan mempelajari area di sekitar Anda untuk fitur mengoreksi diri. Perangkat keras Tango mencakup kamera standar, kamera penginderaan fisheye dan sensor kedalaman. Perangkat konsumen pertama dengan Tango diumumkan bulan lalu dari Lenovo dan terlihat sangat menjanjikan dari sudut pandang perangkat keras.

CARA UNTUK MENGEMBANGKAN AR

Ada beberapa cara untuk mengembangkan aplikasi reality ditambah, termasuk pengembangan asli di Android Studio untuk menggunakan mesin seperti Unity. Ini tergantung pada SDK yang Anda pilih untuk digunakan. Berikut adalah beberapa AR SDK yang tersedia saat ini:
Vuforia – Dikembangkan oleh Qualcomm, SDK ini mendukung Android dan iOS dengan dukungan Unity. Ini yang akan kami gunakan di bagian selanjutnya saat mengembangkan aplikasi AR untuk Android. SDK ini mendukung beberapa target sekaligus dalam bentuk gambar atau teks bahasa Inggris, Smart Terrain (yang memungkinkan untuk rekonstruksi dunia fisik), dan database lokal dan awan.
ARLab – Lebih dari sekedar SDK, ARLab juga memiliki mesin 3D yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi AR. ARLab tidak gratis, dan menawarkan beberapa opsi penetapan harga yang berbeda bergantung pada fitur apa yang ingin Anda sertakan ke aplikasi Anda. ARLab mencakup tombol virtual, pelacakan gambar dan pencocokan gambar. Harga untuk ARLab dapat ditemukan di sini.
DroidAR – DroidAR adalah sumber terbuka AR SDK yang mendukung pelacakan dan penanda gambar serta AR berbasis lokasi. Jika open source adalah milikmu, beri DroidAR mencoba. Perlu diingat bahwa tidak ada plugin Unity jika itu adalah sesuatu yang Anda cari, dan seperti namanya, Android adalah satu-satunya sistem operasi yang didukung.

MENGGNAKAN UNITY UNTUK MENGGUNAKAN AR
Sementara pengembangan asli dimungkinkan untuk pengembangan AR, sama mudahnya menggunakan Persatuan untuk membuat aplikasi Anda. Hal pertama yang pertama, download Unity. Pergi melalui langkah-langkah yang diperlukan dan mendapatkan Unity diinstal. Setelah terinstal, buka Unity dan buat proyek baru, pastikan “3D” dipilih. Setelah terbuka, download Vuforia SDK dan sampelnya. Perhatikan bahwa Anda tidak perlu mengimpor file SDK jika Anda membuka proyek contoh, karena mencakup semua file yang dibutuhkan.
Setelah diunduh, ekstrak file zip dan letakkan isinya di lokasi yang aman yang akan Anda ingat. Kembali ke Persatuan dan klik File> Open Scene. Untuk artikel ini kita akan fokus pada file “User defined target”. Klik pada file ini untuk membuka proyek. Saat file terbuka, masuk ke folder Scenes di penampil konten di tengah bawah, harus ada empat adegan.

GAMBAR : ANDROID AUTHORITY

Buka adegan terakhir berlabel “Vuforia-3-UserDefinedTargets”, ini akan memungkinkan Anda untuk mengedit objek yang ditampilkan pada target. Sampel ini memungkinkan pengguna memilih target dengan cepat, jadi tidak perlu mencetak target tertentu agar bisa bekerja. Secara default teko ditampilkan. Anda bisa menemukan teko dengan mengklik nama teko di sisi kiri Unity. Ini akan memusatkan kamera pada teko dan bidang di mana ia ditampilkan.
Untuk menyingkirkan teko tekan “hapus” pada keyboard Anda untuk menghapusnya dari tempat kejadian. Anda sekarang dapat menarik objek 3D yang Anda inginkan ke dalam adegan. Pastikan objek sejajar di kotak target. Setelah ini dilakukan, ada satu langkah lagi. Dalam tampilan hierarki di sisi kiri perhatikan “UserDefinedTarget”, seret nama objek yang Anda tambahkan ke tempat kejadian ke “UserDefinedTarget”. Ini akan membuat objek Anda menjadi bagian dari target, ini diperlukan untuk kinerja dan orientasi terbaik. Ini akan memastikan objek Anda ditampilkan dengan benar saat menggunakan aplikasi.
Itu adalah semua yang diperlukan untuk menampilkan objek kustom di AR! Ini adalah contoh yang agak mendasar dalam pengembangan AR. Sampel lainnya termasuk tombol yang bisa berinteraksi dengan, Smart Terrain, dan object recognition. Vuforia hadir dengan dokumentasi yang bagus dan pengembangan keseluruhan untuk AR tidak jauh berbeda dengan pengembangan aplikasi reguler di Persatuan sejauh mekanika. Jika Anda tahu bagaimana menggunakan Persatuan, pada intinya Anda dapat membuat aplikasi AR dengan kurva belajar hampir tidak ada, karena SDK Vuforia menangani masalah AR apa pun. Ini juga terjadi pada pengembangan VR dasar, dengan plugin SDK Google VR menangani bagian yang sulit untuk Anda.

BUNGKUS(WRAP UP)
GAMBAR : ANDROID AUTHORITY[/caption]
Augmented reality berpotensi menjadi lompatan besar dalam cara kita menggunakan perangkat. Dengan Pokemon GO menggunakan AR, sekarang bisa menjadi prime time untuk teknologi AR lainnya. Mengembangkan AR relatif mudah, terutama di Persatuan, dengan segala sesuatunya dapat disesuaikan. Qualcomm melakukan pekerjaan yang bagus dalam menyediakan dokumentasi di SDK Vuforia. Saya, untuk satu, saya sangat bersemangat untuk melihat apa masa depan untuk mendapatkan augmented reality. Marilah kita tahu di komentar jika Anda tertarik pada kenyataan yang meningkat!

JANGAN LUPA DI SHARE, SEMOGA BERMANFAAT YA ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here