Baca dengan Kindle DX

0
241

Tahun baru ini, aku diberikan hadiah ulang tahun oleh istri tercinta sebuah “ebook reader” = Kindle DX. Titip dari kawanku yang kebetulan pergi ke luar negeri.

Walaupun saya sudah mencoba membaca buku menggunakan komputer, menggunakan ipad. Ternyata menggunakan kindle memiliki keenakan tersendiri. Kekurangan menggunakan komputer dan notebook saat ini (menurut saya), selain berat.. kita tidak bisa bawa-bawa notebook sambil makan misalnya. Kekurangan lainnya adalah layar!! layar notebook /komputer saat ini adalah layar lebar, bukan layar tinggi. Padahal buku itu sizenya tinggi (bukan lebar). Ini yang membuat tidak enak (dulu padahal layar monitor itu masih kotak ya].

Sedangkan kalau menggunakan ipad. kekurangan utama adalah Silau. Apalagi saya hobi lampu, misalnya di kamar saya itu bisa ada 3 lampu di atas. Itu sulit sekali loh menghindar lampu yang mantul.

Ok, dulu saya pernah menggunakan sony PRS 505. Itu menurut aku kekurangannya adalah terlalu kecil layarnya. khususnya untuk membaca buku teknis. itu menjadi tidak kelihatan.

kindle dx compare with sony PRS-505

[Kindle DX sebelah kanan]

Nah Kindle DX ini top abis. tipis, ringan (eits.. kindle nya sih ringan, ditambah covernya jadi berat. :(  ). Dibacanya tidak silau, walaupun ada kekurangan yaitu sulit lompat-lompat halaman, jadi cocoknya utk baca buku yang dari depan sampai belakang dibaca berurutan. Nah enaknya itu, cara kita membeli buku itu semudah kita membeli program di ipad/iphone. klik and boom, langsung bukunya ada di kindle. Dan… amazon juga meniru model apple (selain model belinya), yaitu setiap pembelian kita, bisa digunakan di banyak alat. As long as kita login dengan nama yang sama. Bisa baca di ipad, mac, pc, iphone, blackberry (tapi ini versi indonesianya masih belum ada). Dan diantara alat-alat tersebut bisa sync halaman akhirnya.

Oh iya. Walaupun kindle dx tidak ada wifi, tetapi untuk browsing buku dan beli buku, mereka kelihatannya sudah bekerja sama dengan operator telpon. Sehingga otomatis kita mendapatkan internet gratis untuk membeli buku via Kindle. Oh iya satu lagi kelemahannya, kita tidak bisa baca di gelap-gelap. hahahaha… jadi kalau di mobil pas malam, tidak bisa baca buku.

Next time, kalau ngga males… saya coba sharing pengalamannya ya. Tools-tools apa yang saya gunakan untuk baca buku.

Tulisan ini saya ambil dari blog saya : http://blogs.konsep.net/micowendy/2011/baca-dengan-kindle-dx-asiknya/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.