Bagaimana Memindah Aplikasi Android Dari Internal Memory (Phone) ke SD Card

0
99

Untuk kita yang punya Android dengan memori internal pas-pasan, download banyak aplikasi pasti kerepotan karena memakan space storage yang cukup besar. Apalagi kalau aplikasi yang kita punya ternyata berukuran besar, pasti lebih pusing lagi. Memang, tempat penyimpanan default untuk aplikasi Android adalah phone memory.

link2SD2

Ada dua cara untuk menginstall aplikasi di SDcard.

Yang pertama adalah cara biasa untuk perangkat Android yang belum mengalami proses root. Pertama, kita harus masuk ke Setting – Application, kemudian pilih menu Manage Application. Langkah selanjutnya adalah memilih salah satu dari daftar aplikasi yang sudah terinstall di perangkat kita, dan pilih Move to SD card.

Ada kelemahan dari cara ini, yaitu hanya mendukung sebagian kecil aplikasi saja. Kebanyakan aplikasi, lebih lagi aplikasi penting selain game, akan menolak untuk dipindah ke SD card dan memberi peringatan tentang kemungkinan aplikasi tidak akan berjalan lancar. Sebagian aplikasi lagi mungkin masih belum dipasang dukungan fitur pindah ke SD card oleh pengambangnya.

Untuk aplikasi-aplikasi yang sulit seperti ini, kita bisa mencoba cara kedua.

Cara kedua ini membutuhkan perangkat yang sudah di-root. Setelah smartphone kita di-root, kita harus menginstall aplikasi-aplikasi utility yang berfungsi untuk memindah aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi utility seperti ini, masalah memindahkan aplikasi dari phone memory ke SD card pasti akan teratasi dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here