Belajar Dari Samsung, Beranjak Dari Nol Ke Industri Papan Atas Dunia

0
600

Siapa diantara kita yang tidak kenal Samsung? Brand tersebut merajai berbagai peralatan elektronik, dan yang membuatnya terkenal adalah berbagai produk telepon sesuler yang diproduksinya, mulai dari feature phone hingga smartphone dan tablet. Bagaimana sepak terjang Samsung sejak didirikan?

misc_samsung 2

Pertama Didirikan
Samsung pada awalnya bukanlah industri teknologi. Didirikan pada tahun 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini adalah perusahaan perdagangan makanan. Dengan fokus di pembuatan mie, Samsung meraup sukses dan pindah ke Seoul. Pada tahun 1954, setelah perang Korea, Samsung mulai melebarkan sayap. Samsung sempat membangun pabrik pakaian wol sebelum akhirnya menekuni bidang elektronik pada tahun 1960.

Memasuki Industri Elektronik
Awalnya, Samsung dipandang remeh sebagai perusahaan elektronik, terlebih nama Sony sudah melejit terlebih dahulu, menjadi rival yang mustahil untuk dikalahkan. Tahun 1993, Lee Kun Hee, anak ketiga dari pendiri Samsung, mempelopori reformasi internal supaya Samsung bekerja dengan lebih baik.

Usaha Lee tidak sia-sia. Samsung melesat dengan cepat, berinvestasi membuat produk-produk berkualitas. Diiringi dengan strategi marketing yang gencar, akhirnya nama Samsung makin dikenal oleh dunia. Setelah menjadi produsen memory chip terbesar di dunia pada 1992-an dan menciptakan layar LCD pertama sera menjadi pabrik LCD terbesar pada 1995, Samsung akhirnya merambah dunia smartphone.

Tidak hanya itu, Samsung sudah mengalahkan Nokia dari unit ponsel yang terjual. Penjualan televisi terbanyak sejak 2006 juga diraih oleh Samsung. Sejak tahun 2009, Samsung mengalahkan Hewlett Packard dalam hal pendapatan tertinggi sedunia sebagai perusahaan elektronik.

misc_samsung 3

Rahasia Sukses Samsung
Samsung menerapkan sistem mengikuti, sebetulnya. Samsung membiarkan produsen lain berinovasi terlebih dahulu, dan ketika inobvasi itu diterima oleh dunia, Samsung dengan cepat membuat produk sejenis yang tidak kalah bagus. Kadang, produk buatan Samsung malah lebih berkualitas dari pendahulunya. Hal ini mendatangkan hasil yang bagus, meski kadang gugatan demi gugatan datang menyerang karena masalah lisensi dan plagiarisme.

Selain itu, ada beberapa lagi rahasia Samsung yang diungkap oleh beberapa pakar, diantaranya:

  1. Kecepatan dalam kompetisi (Professor Sea Jin Chang, penulis buku Sony vs Samsung)
  2. Mentargetkan posisi tertinggi (Tony Michell, penulis Samsung Electronics and the Struggle for Leadership of the Electronics Industry)

Memang, Samsung menerapkan disiplin yang tinggi dalam organisasi, diperkuat dengan manajemennya yang luar biasa. Selain itu, teknik brand awarenessnya juga patut diacungi jempol. Samsung mensponsori klub sepak bola Chelsea dan olimpiade, membuat nama Samsung memiliki nilai sebsar USD 23.4 miliar pada tahun 2011.

Masa Depan Samsung Sebagai Raksasa Elekrtonik
Setelah berada di jajaran produsen papan atas dunia, kini Samsung mulai meningkatkan inovasi pada produk-produk mereka. Sebut saja Galaxy Note dengan stylusnya, mengembangkan OS smartphone yang dikenal dengan nama Tizen, serta mengembangkan teknologi pengenalan perintah suara dan lambaian tangan pada televisi.

Makin kedepan tentu makin banyak tantangan yang akan dihadapi Samsung, seperti produsen elektronik Cina yang terus berkembang, serta tekanan dari para kompetitor yang terus bermunculan. Tapi sepertinya Samsung masih akan berjaya dalam beberapa saat kedepan.

Bagaimana? Tertarik menerapkan cara mengembangkan perusahaan ala Samsung?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.