Bertambahnya Penjualan Smartphone yang Cukup Signifikan Pada 2011

0
57

Berkat popularitas dari smartphone yang terus menanjak, penjualan dari alat elektronik lainnya menurun hingga 5,9% di Amerika Serikat pada musim liburan Natal kemarin. Hal ini diungkapkan oleh sebuah firma bernama NPD Group yang meneliti kecenderungan konsumsi masyarakat Amerika terhadap perangkat elektronik di masa liburan kuartal keempat 2011. Firma tersebut juga menyatakan bahwa semua penjualan elektronik di Amerika Serikat berjumlah hingga $9,5 miliar di kurun waktu 5 minggu hingga tanggal 24 Desember. Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 6,2% dari tahun lalu.

Untuk kategori smartphone, sebuah firma keuangan asal Kanada Canaccord Genuity menyatakan bahwa ada 30,1 juta iPhone yang terjual selama kuartal terakhir 2011. Sebuah peningkatan pesat sebesar 31% terjadi di sini. Untuk Android, ada 68,9 juta perangkat yang terjual di kurun waktu yang sama, dengan peningkatan 17,3% dibanding dengan tahun lalu.

Ada fakta menarik yang terungkap lewat statistik ini, penjualan perangkat elektronik lainnya yaitu kamera, camcorder, MP# player, perangkat khusus GPS mengalami penurunan yang sepertinya disebabkan karena fitur-fitur tersebut di atas memang telah tersedia di dalam smartphone. Pada 5 minggu menjelang Natal, penjualan camcorder turun 43%, framer digital yang populer tahun lalu turun 38%, dan perangkat GPS 33%. Lalu MP# player juga turun 21%, serupa dengan kamera “point and shoot”.

 

Sumber:
phonearena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here