BlackBerry dan Jaringan Yang Didukungnya

0
400

RIM menawarkan sistem operasi yang mendukung penggunaan multitasking. Dengan sistem operasi ini, RIM sudah dapat melakukan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange Server dan Lotus Domino. Pada Operating Sistem versi 4, BB dapat melakukan sinkronisasi email, kalender, daftar tugas, notes, phonebook, dan lain-lain. Kemudahan inilah yang menjadi alasan mengapa BlackBerry menjadi sebuah gadget yang populer. Perkembangan lebih lanjut dari BlackBerry juga memungkinkan penggunanya untuk menikmati jaringan berkualitas HSDPA.

di Indonesia, layanan BlackBerry baru tersedia untuk operator GSM saja, baik itu prabayar maupun pascabayar. Namun, sebetulnya BlackBerry bisa beroperasi pada berbagai tipe jaringan seluler:

  1. GSM/GPRS/EDGE/UMTS
    GSM (Global System for Mobile Communications), GPRS (General Packet Radio Service), EDGE (Enhanced Data rates for Global Evolution) dan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) memungkinkan keberadaan koneksi virtual dengan jaringan tanpa kabel untuk layanan data.
  2. CDMA2000 1X Ex-DO
    Jaringan ini memungkinkan kita untuk melakukan koneksi jaringan tanpa kabel untuk layanan data. Jaringan ini mendukung transfer data dengan kecepatan tinggi.
  3. Mike
    Jaringan ini berintegrasi dengan teknologi Integrated Digital Enhanced Network (iDEN). Teknologi serba digital ini dirancang untuk transmisi data berskala nasional.
  4. Mobitex dan Nextel
    Dirancang untuk komunikasi tanpa kabel pada area luas, jaringan ini mampu tersambung ke dalam gedung, pencarian data dengan baik, pengiriman dan penerimaan dengan cepat, serta layanan pesan tingkat lanjut yang handal.
  5. Wireless LAN
    Jaringan ini beroperasi pada frekuensi yang tak berizin, biasanya untuk mengalihkan kemacetan jaringan perusahaan. Dengan teknologi VoIP, WLAN kini mendukung pengiriman dan penerimaan data maupun suara.
  6. Wi-Fi
    Jaringan ini hanya bisa diakses di tempat-tempat tertentu yang memang menyediakan, dengan range area terbatas. Daerah terbatas ini dinamakan hotspot. Biasanya hotspot terdapat di tempat-tempat umum. Namun, fasilitas BlackBerry yang kian disempurnakan membuat akses internet makin dipermudah, dan sekarang penggunaan Wi-Fi jadi jarang digunakan.

 

Sumber:
Panduan Praktis Memilih & Membeli BlackBerry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.