Blackberry Messenger (BBM) vs Yahoo Messenger

0
257

3

Kenapa blackberry dengan BBM nya lebih enak dibandingkan dengan yahoo? Ada beberapa yang menyebabkan lebih ok menurut saya.

  1. Beli blackberry / menggunakan blackberry sudah otomatis dapat menggunakan BBM.
  2. Sejak awal BB itu sudah menggunakan QWERTY keyboard. Sehingga memudahkan seseorang belajar.
  3. Menggunakan Yahoo Messenger memerlukan koneksi internet stabil. Sedangkan menggunakan BBM, pada saat tidak ada koneksi pun, bisa disimpan dulu untuk dikirimkan kemudian.
  4. Untuk BBM, ada beberapa status: belum terkirim (masih di bb pengirim), sudah terkirim tapi belum sampai ke bb penerima, sudah ada di bb penerima tapi belum dibaca, dan sudah dibaca oleh penerima.
  5. Katanya sih aman dari eavesdropping. Tapi saya ngga tahu / tidak yakin.
  6. Ada Blackberry Group. di Yahoo messenger tidak ada. Group ini nantinya mempermudah orang menambah orang baru (PIN), menyebarkan berita-berita lucu.
  7. Mengirim foto, lokasi, suara, dll. mudah dengan fitur ini. Terintegrasi dengan handphonenya dengan baik. Yahoo messenger lebih sulit.
  8. Ada fitur2 menarik seperti mengirimkan gambar icon, atau Autotext, sehingga satu kata bisa digantikan dengan kumpulan yang lain.

Dan, dengan konek ke BBM, kita sulit keluar. Karena barrier to exit nya besar. Kontak list kita akan dibuang jika kita tidak menggunakan BB lagi. Padahal barrier to entry nya mudah.

Ya, beberapa fitur bisa dibuat serupa di YM + aplikasi lain. Tapi tidak standard,… tidak natural. Perlu effort. Walaupun ada yahoo messenger di BB, tetap saja lebih enak BBM. more natural.

Khusus untuk point 4. Ini bisa juga menjadi kelemahan kita. Karena kita tidak, bisa memungkiri jika kita sudah membaca text tersebut.

Selain ini ada kekurangan lain nih… jari kita sakit kalau kebanyakan pencet-pencet. Beda dengan YM yang bisa menggunakan komputer.

Tapi setelah aku menggunakan sekitar 2-3 minggu. Saya baru merasakan bahwa, chatting yang kita lakukan, tetap sama dengan orang yang saya ajak chatting di YM / SMS.

So the network business still the same.

Ada pendapat lain?

ps. blog dipindahkan dari: http://blogs.konsep.net/micowendy/2010/blackberry-messenger-bbm-yahoo-messenger/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.