Buat account AppStore AS

0
385

Salah satu yang bikin sebal saat mengakses iTunes adalah bahwa iTunes kelihatan hanya punya 4 menu di atas: home, AppStore, Podcasts, iTunesU. Padahal, saya inget bener bahwa seharusnya kita bisa beli musik di iTunes. Perasaan sebal (dan penasaran) membesar saat saya gak bisa menemukan kindle, aplikasi amazon yang terkenal itu untuk diinstall di iPad. Padahal gratisan.

iTunesAS_0

Setelah explore, saya menemukan bahwa rupanya, Apple membedakan pilihan berbelanja berdasarkan lokasi membernya. Ibaratnya, AppStore punya toko / cabang di negara-negara di dunia. “Barang” di AppStore Amerika Serikat jauh lebih lengkap daripada barang di AppStore Indonesia. Jadi, sedihnya, kita di Indonesia sangat dibatasi dalam berbelanja. Mungkin terkait credit card fraud atau apa, saya gak tau.

Oke. Itu masalah. Untuk mengatasinya, kita harus daftar account AppStore Amerika Serikat untuk membuka lebih banyak pilihan / menu. Tapi kita kan tinggal di Indonesia? Gak masalah, asal kita melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Buat alamat email kedua yang akan dijadikan Apple ID
  2. Akses ke “toko” AppStore AS. Untuk itu, cara saya mungkin sedikit ribet. Pertama-tama, saya cari aplikasi Kindle for iPad di google. Setelah ketemu, saya pilih opsi “open in iTunes”. Pada saat kita klik tombol “free” untuk membeli, secara otomatis, kita diberi tawaran untuk login dengan menggunakan account lain (yang pastinya harus account AppStore USA). Karena belum punya, pilih “create new account”
  3. Pada saat diberi opsi memasukkan data untuk pembayaran, pilih “none”
  4. Setelah itu, kita bisa masukkan informasi alamat secara asal-asalan. Pada saya saat melakukan ini, gagal karena Apple melakukan verifikasi alamat. Rupanya, yang dicek adalah kota, state, zip code. Setelah googling, saya masukkan info sbb:Billing address: miami beach (cita-cita)

    City: Miami

    State: Florida

    Zip: 33131

    Phone: asal

Setelah hal-hal tersebut dilakukan, kita akan menerima email untuk verifikasi. Setelah verifikasi selesai kita lakukan, kita bisa login ke iTunes menggunakan Apple ID yang baru terserbut. Dan… voila… tiba-tiba tersedia banyak pilihan untuk di-download.

Satu hal yang harus dicatat adalah tadi kita memasukkan “none” sebagai metode pembayaran, sehingga yang bisa kita download hanya yang gratisan saja. Kalau mau yang berbayar, kita harus masukkan source payment (kartu kredit, paypal, dll) yang valid di AS.

Gimana kalau kita mau kembali masuk ke AppStore Indonesia? Gampang. Tinggal sign out, dan sign in lagi menggunakan alamat email utama kita. Beres.

Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.