Didera Banyak Masalah, Foxconn Naikkan Gaji Karyawannya

0
398

Foxconn seakan-akan menjadi saksi bisu tentang bagaimana rentetan kejadian menerpa Apple. Beberapa waktu yang lalu tersiar kabar bahwa Apple tidak memperlakukan karyawan di Foxconn dengan baik, sehingga memicu terjadinya bunuh diri massal. Seakan belum cukup, berbagai kejadian melanda pabrik di Shenzen itu, satu diantaranya adalah peristiwa ledakan yang menewaskan beberapa orang baru-baru ini.

misc_foxconn inside

Akibat beberapa hal yang terjadi di Foxconn akhir-akhir ini, Fair Labor Association (FLA) minggu lalu mengecek kondisi buruh dan lingkungan kerja di Foxconn. Setelah sejumlah peristiwa yang terjadi serta beberapa kali proses pengkajian, akhirnya berhembus kabar bahwa foxconn akan menaikkan gaji karyawannya sekitar 16%-25%. Berarti rata-rata karyawan Foxconn akan mendapat gaji sekitar RP 3juta per bulan. Angka ini masih dinilai rendah bagi sebuah LSM setempat, namun berdasarkan amanat pemerintah Shenzen, angka ini sudah memadai.

Kabar ini, setidaknya menyegarkan para pengamat teknologi dan khususnya karyawan Foxconn. Pabrik Foxconn selama ini identik dengan kabar kurang menyenangkan, dan rumor tentang kenaikan gaji ini pastilah sedikit melegakan.

 

Sumber:
detikinet.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.