Fitur Apple iOS 5: iMessage

0
189

Selama ini fitur Blackberry Messenger dari Blackberry merupakan “killer feature” milik mereka. Hampir kebanyakan pengguna BB yang ditanyakan kenapa memilih menggunakan BB adalah fitur BBM.

Selama ini jika kita ingin menggunakan fitur messanging kita menggunakan Yahoo Messenger, Gtalk, MSN, atau tool-tools third party seperti: trillian, beejiveIM, whatsapp, pingchat, dll. Apple sendiri tidak menyediakan fitur tersebut. Program-program third party tersebut tidak gratis sebagian besar.

Di iOS 5 ini, apple akan mengeluarkan fitur messaging menggunakan koneksi internet (Wifi atau 3G). Pilihan yang sangat baik. Kenapa? Karena otomatis aplikasi messaging yang dibuat oleh Apple akan sangat terintegrasi dengan aplikasi original Apple. Pengguna tidak membedakan antara Message dari SMS dan Message dari iMessage. Notification dan semuanya dibuat the best (istilah BB: super apps).

Dengan iMessage ini, selain bisa mengirimkan text bisa juga mengirimkan gambar, video, location, contact. Selain itu iMessage juga akan menyediakan fitur group message. Fitur yang selama ini juga dimiliki oleh BBM. Fitur iMessage juga disiapkan dengan fitur delivery receipt dan optional read receipt. Teksnya pun digunakan dengan jalur aman.

Dengan adanya ini, hampir pasti akhir dari aplikasi third party messaging yang berjalan sendiri (bukan yahoo, gtalk, atau MSN). Karena akan menjadi defacto yang terinstall di semua aplikasi iOS. Perihal koneksi ke media lain (Blackberry dan Android) mungkin tidak diperlukan kalau iOS menguasai pasar. Kita lihat bagaimana hasilnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.