Google Chromecast

0
264

Apa sih “Google Chromecast”? Chromecast adalah salah satu alat yang dibuat google yang dijual ke pasaran. Dengan alat ini kita bisa menonton berbagai hal yang biasanya kita bisa tonton via tablet / ponsel. Selain itu, ada aplikasi-aplikasi lain yang bisa berjalan di atasnya. Harganya waktu itu sekitar Rp 500.000 kurang lebih (US$ 35). Oh tambahan lagi, ChromeCast ini membutuhkan koneksi internet dan wifi. Jadi jika anda belum memiliki wifi di rumah, kiranya perlu membelinya terlebih dahulu.

IMG_20151128_205614

Cara penggunaannya mudah, Chromecast ini dicolok ke lubang HDMI di TV anda. Sebagian besar TV yang keluaran beberapa tahun ini sudah memiliki colokan HDMI. Lalu adapter listriknya dipasang ke ChromeCast. Dilanjutkan dengan install apps Chromecast di ponsel / tablet kita. Aplikasi chromecast ini tersedia di Android maupun di iOS. Setelah itu diperlukan setup agar aplikasi Chromecast di ponsel / tablet kita terkoneksi dengan alat Chromecast.

IMG_20151128_223320    IMG_20151128_223332

Tapi kita harus menginstall aplikasi lain selain aplikasi ChromeCast. Contohnya aplikasi “Youtube”, setelah kita menginstall dan meng-inisiasi dengan alat chromecast. Yang biasa kita nonton di youtube bisa langsung dipindahkan ke layar tv kita. Asik kan. Dan jangan lupa, jika film yang kita tonton butuh koneksi internet, artinya kita juga butuh koneksi internet yang cukup cepat agar bisa ditampilkan di layar kita. Di dalam apps-apps tersebut akan muncul logo chromecast yang artinya sudah bisa digunakan.

chromecast

Screenshot_2015-11-28-22-36-20    Screenshot_2015-11-28-22-36-32    Screenshot_2015-11-28-22-37-01

Bukan cuma youtube, kita bisa menonton film-film koleksi kita yang ada di salah satu komputer di jaringan rumah kita, contoh kalau saya sendiri menonton dengan ES File Chromecast (Android), MX Player Pro (Android), dan Plex.tv (Android). Sedangkan jika menggunakan iOS, saya menggunakan infuse, plex, dan playerXtreme.

Sebenarnya ada layanan-layanan lain yang bisa kita manfaatkan jika kita memiliki kartu kredit yang alamatnya di luar (plus vpn utk akses dari ip luar), seperti Hulu, Netflix, Amazon Prime, dll. Sayangnya sampai sekarang mereka belum membuka layanan ke Indonesia. Sehingga untuk berlangganannya kita perlu sedikit berusaha.

Saat ini sudah ada chromecast generasi kedua. Tetapi saya sendiri belum mencobanya.

Chromecast 2 [photo: google]
Chromecast 2 [photo: google]
Menurut saya sendiri, Chromecast ini termasuk best buy. Di kala kita bosan dengan acara TV. Oh iya, jika kita mau, chromecast ini juga bisa dijadikan alat presentasi. Browser dan apps presentasi bisa di cast ke tv kita, atau projector kita.

Link terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.