Informasi dan Tips Sebelum Melakukan Proses Rooting

0
128

ika perangkat Android Anda masih unroot (masih dalam kondisi asli/belom di-root), terkadang pasti Anda akan merasa sedikit iri dengan fitur-fitur Android yang telah di-root. Memang, proses rooting memberikan banyak manfaat. Namun jangan lupa, proses rooting juga memiliki resiko.

misc_rooting2

Berikut adalah plus-minus rooting Android:

Plus:

  1. Dapat menginstall aplikasi ke memori eksternal
  2. Upgrade Android ke versi terbaru/kustom
  3. Melakukan optimalisasi dan memaksimalkan kinerja perangkat
  4. Bisa menghapus aplikasi bawaan pabrik, juga bisa menjadikan aplikasi luar supaya dianggap aplikasi pabrik

Minus:

  1. Hilangnya garansi
  2. Celah keamanan semakin rentan dan beresiko

Setelah tahu plus-minus rooting, maka keputusan untuk melakukan proses root ada pada tangan Anda. Jika Anda masih ingin melakukan proses root, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya proses rooting dapat berjalan secara sempurna.

  1. Backup data terlebih dahulu
    Untuk menghindari hilangnya data pada perangkat Anda, ada baiknya segala jenis data yang ada dibackup terlebih dahulu.
  2. Perhatikan Sistem Operasi yang digunakan
    Contohnya pada perangkat yang saya punya, LG Optimus L7, terdapat Android ICS dengan firmware v.10d. Jangan salah mengenali tipe suatu firmware atau OS. Saya pernah browsing dan hanya mendapat tutorial root untuk firmware di bawah v.10d, ketika saya paksakan hasilnya ada beberapa fitur yang hilang.
  3. Cari tutorial yang spesifik (ditujukan memang untuk perangkat yang Anda punya)
    Tidak semua metode root yang sama bisa dilakukan untuk perangkat berbeda. Jika Anda memiliki LG Optimus L7, misalnya, cara root-nya belum tentu sama dengan Xperia Ace, meskipun sama-sama menggunakan Android ICS. Ada baiknya Anda melakukan proses pencarian tutorial rooting untuk ponsel yang Anda punya (spesifik).
  4. Cari tutorial lengkap dan step by step
    Kesalahan dalam proses rooting yang paling parah bisa menyebabkan kondisi perangkat Anda menjadi brick, yang berarti perangkat Anda tidak bisa digunakan lagi. Carilah tutorial yang cukup mudah untuk dipahami, lebih bagus lagi apabila ada referensi gambar.

Apabila keputusan Anda untuk melakukan proses rooting sudah bulat, silakan mencari tutorial perangkat Anda masing-masing dan berhati-hatilah selalu dalam menjalankan tiap prosesnya.

 

Sumber:
tim x-phones

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here