ipad Pro – Review

0
261

Penulis kali ini berkesempatan mencoba ipad Pro dengan “pencil”nya. Penulis sendiri sudah menggunakan ipad sejak awal. Dari ipad 1, 2, ipad mini, ipad air, dan kini ipad Pro. iPad Pro yang digunakan adalah yang 128+Kartu Ponsel. Ada seorang kawan baik saya yang meminjamkan ipad Pro ini beberapa hari untuk dijajal.

Kalau dari segi berat, walau yang dibaca adalah sama berat dengan ipad 1 tetapi terasa lebih berat. Kemungkinan utama terasa lebih berat adalah karena ukurannya besar. Karenanya terasa lebih berat. Seperti pengungkit.

pencil + paper di ipad pro
pencil + paper di ipad pro

Penulis sangat senang membaca buku. Karenanya awal-awalnya langsung coba jajal bagaimana membaca buku di ipad Pro. Ternyata luar biasa enak. Ukurannya benar-benar pas dibandingkan dengan buku aslinya. Berbeda dengan menggunakan ipad air, penulis kadang2 harus mengakali dengan membacanya dengan ukuran landscape, padahal buku sendiri bentuknya biasanya portrait. Belum lagi dengan di-landscape maka pergantian halamannya harus diakali. Akhirnya jadi membaca dengan continuous page yang bisa discroll ke bawah tanpa pergantian halaman (menggunakan Adobe Acrobat Reader vs Goodreader).

ipad pro - goodreader
ipad pro – goodreader (ipad pro vs ipad air), jangan tanya bukunya asli tidak dan dapat di mana.

Penulis juga mencoba menjajal aplikasi “paper” yang sudah terkenal sebagai salah satu apps untuk menggambar. Dan ternyata memang enak sekali. Sangat tepat. Dan tanpa menggunakan palm rest, tangan kita sudah aman jika menempel di kacanya. Mantap. Jauh lebih enak daripada adonit. Penulis dulu menggunakan adonit jot script, tetapi cepat sekali tidak jalan lagi (kemungkinan karena os nya upgrade). Proses ngecharge pencilnya memang enak (tidak perlu bawa lagi charger), tetapi saya pribadi kerasa agak ringkih. Takut putus.

IMG_20151221_192652     IMG_20151221_142936

Ok, next… mencoba menonton ah. Saya mencoba aplikasi Plex.TV yang biasa saya gunakan untuk menonton. Luar biasa. Enak sekali. Layarnya jadi gede, enaknya menonton menjadi meningkat. Terutama karena banyaknya film yang gepeng (lebar), yang jika digunakan layar berukuran kecil menjadi kurang besar.

plex.tv di ipad pro
plex.tv di ipad pro

Apps lain: belum coba. Kalau game yang action, ada kemungkinan sulit. karena jaraknya jadi cukup besar. Tapi gelap.. belum coba. Penulis juga belum mencoba smart keyboard for ipad pro, belum ada barangnya.

Kesimpulan: Buat yang hobi baca, hobi gambar-gambar dan bikin sketsa / doodle, atau hobi nonton, jangan ragu untuk membeli ipad pro.

http://www.apple.com/ipad-pro/

 
tambahan: buat baca komik juga pas. Teksnya terbaca dengan jelas, detailnya juga.

image

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.