iPad Sebagai Pengganti Paspor. Mungkinkah Diterapkan Kelak?

0
435

Ada berita menggelikan dari Negeri Paman Sam. Negeri yang memiliki peraturan ketat dalam hal kunjungan ini baru saja dilewati oleh seorang pria Kanada. Menariknya, pria ini tidak membawa paspor yang merupakan syarat mutlak memasuki Amerika. Alih-alih paspor, ia menggunakan iPad miliknya, dan kagetnya, petugas inigrasi yang bertugas menyetujui penggunaannya dan mempersilakan pria beruntung itu lewat – sekali lagi, tanpa paspor fisik.

Ceritanya, pira asal Kanada ini hendak mengirim kado natal menggunakan mobil, dari Kanada ke Amerika. Ia baru sadar bahwa paspornya tertinggal pada saat dirinya telah mencapai garis perbatasan. Mungkin karena merasa tidak ada salahnya mencoba, pria ini menyodorkan iPadnya kepada petugas imigrasi, berusaha menunjukkan foto paspornya yang kebetulan disimpan di iPad itu.

Petugas imigrasi yang berurusan dengannya menyetujui penggunaan data digital tersebut, dan mengizinkan pria Kanada itu lewat. Sekali lagi, tanpa paspor fisik, melainkan dengan ‘paspor digital’. Padahal, hukum di Amerika jelas-jelas menyatakan bahwa untuk mengunjungi wilayah Amerika, seseorang harus memiliki dan menunjukkan buku paspor asli.

Benar-benar pria yang beruntung. Apakah ini merupakan suatu sinyal awal bahwa di masa depan, perangkat digital dapat menggantikan kinerja segala bentuk fisik dari suatu gambar/tulisan, termasuk diantaranya identitas diri?

 

Sumber:
tekno.kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.