iPhone 5 Diluncurkan Hari Ini, Apple Jadi Perhatian Dunia

0
176

Pagi ini saya menemui hal yang tidak biasa di berita. Informasi hari ini penuh dengan kabar tentang peluncuran iPhone 5, handset paling baru keluaran Apple. Dan seperti yang saya duga, kabar tersebut merebak luas. Timeline Twitter pagi ini dibanjiri dengan informasi tentang iPhone 5, beserta komentar pribadi dari beberapa pengamat ataupun amatir. Seperti apa handset ini?

misc_iphone 5

Peluncuran Handset terkini dari Apple ini diadakan di San Fransisco, dan selagi saya mengulas bahasan tentang ini, acara tersebut masih berlangsung. Menurut informasi dari beberapa sumber, Perangkat terbaru Apple ini dibekali dengan banyak keunggulan yang lebih handal dari iPhone 4. Salah satu keunggulan yang dibanggakan oleh Apple adalah ukurannya. Phil Schiller, Apple Senior Vice President of Worldwide Marketing bahkan menyatakan bahwa iPhone 5 adalah smartphone tertipis di dunia dengan berat 112 gram, 20% lebih ringan dari iPhone 4.

Apa saja nilai plus dari handset ini? Ayo kita intip satu per satu.

  1. Ukuran
    iPhone 5 memiliki ukuran sangat tipis dengan tebal 7,6 mm dan berat 112 gram. Ukuran ini membuat iPhone 5 20% lebih ringan dan 18% lebih tipis dibandingkan iPhone 4S. Material pembuatannya yang terbuat dari alumunium dan kaca membuat handset ini terlihat elegan. Schiller bahkan menyatakan bahwa, “iPhone 5 adalah produk paling indah yang pernah dibuat oleh Apple.”
    Desain luar dari iPhone 5 masih mirip dengan iPhone 4. Hanya ukurannya saja yang lebih tipis dan layarnya lebih besar.
  2. Layar
    iPhone 5 memiliki layar dengan ukuran 4 inci, lebih besar dibandingkan iPhone pendahulunya yang hanya 3,5 inci. Teknologi yang diusung memang masih sama, Retina Display. Sementara itu, resolusi yang digunakan berukuran 1136 x 640 piksel dengan aspek rasio 16:9. Kepadatan pixelnya adalah 326ppi (pixel per inch).
    Layar yang lebih luas ini membuat tampilan utama iPhone juga berbeda. iPhone 5 memiliki tampilan menu yang terdiri dari 5 baris. Meskipun memiliki ukuran layar yang berbeda, Apple menyatakan aplikasi yang didesain untuk layar 3,5 inci masih bisa dijalankan di iPhone 5.
  3. Prosesor Baru, A6
    Prosesor A6 yang disematkan pada iPhone 5 ini diklaim dua kali lebih cepat dari prosesor A5, dan memiliki kemampuan mengolah grafis dua kali lebih hebat. Dari segi ukuran, prosesor A6 lebih kecil dibanding A5.
    Prosesor baru ini juga diklaim mampu menghemat penggunaan baterai iPhone 5. Prosesor A6 ini dibuat dengan proses manufaktur 32mm dengan basis desain dual core ARM Cortex A15.
  4. Sistem Operasi Terbaru, iOS 6
    Untuk sementara belum banyak informasi yang bisa didapat dari iOS 6 ini selain peta 3 dimensi dengan detail yang lebih halus dan integrasi yang lebih mendalam dengan Facebook. Selain itu, browser Safari pada iOS 6 telah dilengkapi dengan fitur full screen.
  5. Kamera yang lebih mantap
    iPhone 5 memiliki kamera dengan resolusi 8 MP. Namun dengan beberapa fitur barunya, iPhone 5 dikabarkan mampu mengambil foto panorama sampai 28 MP. Fitur-fitur lain yang disertakan pada kamera iPhone 5 ini antara lain autofocus, LED flash, Touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR images.
    Kemampuan pengolah videonya pun memiliki kelasnya tersendiri dengan kemampuan rekam [email protected] dengan fitur LED video light, video stabilization, dan geo-tagging. Kamera depannya juga diperkuar dari sebelumnya dengan kemampuan jepret 1.2 MP, [email protected], serta fitur video calling menggunakan koneksi Wi-Fi dan 3G/4G.
  6. Koneksi 4G LTE
    Banyak pesaing Apple yang memang telah memiliki kemampuan koneksi menggunakan jaringan 4G LTE (Long Term Evolution). Dengan koneksi LTE, pengguna iPhone 5 bisa mendownload file di internet dengan kecepatan hingga ratusan Mbps, meskipun ketersediaan layanan ini masih tergantung pada provider yang digunakan.
    Indonesia? Nampaknya kita masih harus bersabar sebelum bisa menikmati layanan 4G LTE ini.
  7. Konektor pin yang lebih kecil
    Konektor yang disematkan pada iPhone 5 ini adalah sebuah konektor yang lebih kecil dari yang terdapat pada iPhone generasi sebelumnya. Dinamai Lightning, konektor ini memiliki ukuran 80% lebih kecil dibanding sebelumnya. Lightning diklaim dapat melakukan proses sinkronisasi iPhone 5 ke komputer lebih cepat dibanding konektor 30 pin pada iPhone sebelumnya.

Detail spesifikasi dari ponsel canggih ini sudah bisa Anda simak di database X-Phones. Untuk harganya, memang masih belum ada kepastian. Namun ada kabar bahwasannya di Amerika, iPhone 5 akan dijual mulai dari USD 199 untuk versi 16GB, USD 299 untuk versi 32GB, dan USD 399 untuk versi 64GB. Harga itu merupakan harga bundle dengan provider setempat. Kita tunggu saja kehadiran iPhone 5 ini di Indonesia.

 

Sumber:
techradar.com
inet.detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here