ips/Trik: Cara Install Android Sebagai OS Laptop/PC

0
280

Sifat open source yang dimiliki oleh operating system Android memungkinkan siapa saja untuk mengeditnya, tanpa dibatasi oleh lisensi. Maka dari itu, kebanyakan handset Android meskipun menggunakan versi Android yang sama, pasti memiliki ciri khas masing-masing. Android bahkan dapat diinstall pada laptop/PC di rumah, sehingga menjadi OS dari PC tersebut.

misc_instalasi android small

Penggunaan Android sebagai operating system memang belum terlalu dikenal luas, tapi tidak menutup kemungkinan hal ini akan menjadi trend di masa mendatang, karena Windows masih menanamkan lisensi berbayar (yang orang Indonesia kebanyakan tidak mau ambil pusing). Linux? Beberapa pendapat mengatakan instalasi software pada OS Linux lebih rumit dari instalasi pada Windows.
Bagaimana jika Android yang jadi OS, sementara aplikasi Android pun sekarang sudah banyak jumlahnya?

Proyek ini dikembangkan oleh suatu tim yang dikenal dengan nama Android-X86. Tim ini menyatakan mereka telah berhasil memport OS Android ke perangkat PC dan laptop. Beberapa perangkat yang telah mereka test dapat dilihat pada download list-nya.

Cara instalasi Android ke PC memang gampang-gampang susah.
Pertama, kita harus mendownload installernya di sini. Kedua, kita harus mencari software untuk menjadikan USB kita bootable (salah satunya dapat diunduh dari sini). Setelah mendapakan softwarenya, mulailah proses ketiga, menjadikan USB kita bootable, dan jangan lupa copykan installer Android pada USB tersebut.

Langkah berikutnya sederhana. Ketika PC dinyalakan, ia akan booting dari USB, dan secara otomatis menginstall Android ke sistem. Kita hanya perlu mengarahkan ke drive apa Android ini terinstall. Langkah-langkah beserta petunjuk gambar ada pada tutorial disini.

Android for PC ini dapat diinstall di berbagai tipe harddisk, seperti ext3, ext2, NTFS, dan FAT32. Meskipun begitu, pihak developer sendiri tidak menyarankan untuk memakai FAT32 karena nanti Android ini akan ter-reset ketika perangkat dimatikan, termasuk menghilangkan data-data barunya.

Menginstall Android pada PC/laptop memang bukan ditujukan untuk kalangan pemula. Bagi Anda yang tertarik mencoba, disarankan untuk memiliki installer OS lama Anda, dan pastikan data-data Anda aman. Setelah semuanya terpenuhi, pastikan juga Anda membaca tutorialnya dengan teliti.

List versi Android for PC dapat disimak di sini.
Salah satu software untuk menjadikan USB kita jadi bootable ada di sini.

Selamat bereksperimen.

 

Sumber:
android-x86.org
wintoflash.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.