Kekurangan Ipad

0
608

Setelah hampir 1 bulan menggunakan Ipad,… ada beberapa kekurangan yang saya rasakan. Aku coba share di sini:

ipad-vs-papan-tulis

  1. Kalau kita menggunakan yang non 3G, alias cuma menggunakan wifi saja. Kita akan tergantung dengan jaringan hotspot / wifi yang ada. Nah kurang asiknya, kalau kita punya juga koneksi unlimited di iphone. Iphone tidak bisa tethering (bagi koneksi) dengan Ipad. Bingung… padahal satu perusahaan, ada hal-hal politis kemungkinan yang menghindari hal tersebut. Kalau harus di jailbreak (bisa kalau di jailbreak iphone-nya), saya sih sayang.
  2. Beberapa software bawaan apple / itunes masih kurang pas. Contoh aplikasi email, ini masih lebih bagus yang ada di iphone. yang bisa menggabungkan beberapa mailbox dalam satu submenu. Kalau yang ipad sekarang, harus dicheck satu-satu (masuk keluar ke masing-masing mailbox). AppStore nya juga masih agak menyebalkan, karena setiap kita sudah membeli sesuatu, pas kita masuk ke appstore lagi, posisi browsingnya hilang.
  3. Yang sangat mengganggu buat saya adalah, sulitnya Ipad digunakan untuk coret-coret. Ipad sangat jelek, kenapa? Karena layar Ipad itu layar sentuh, dan ketika kita ingin melukis di atas Ipad. Buku tangan kita tidak boleh menempel. Atau akan ada hasil yang kurang dikehendaki. Misalnya, ada garisan-garisan bekas buku tangan, atau cursornya agak meloncat.
  4. Dan ini juga problemnya kalau menggambar langsung / coret-coret… garisnya itu gede. Jadi susah menulis kecil-kecil. Cenderungnya gede-gede. Ibarat pake koas ukuran raksaksa. I hate this.
  5. Program-program untuk membaca sih bagus. Tapi… silau, terutama karena memantulkan cahaya dari atas. Kalau pas di atasnya ada lampu. Silau.
  6. Dan modelnya itu (cashing dan layarnya) itu, saking kerennya, Hampir tidak mungkin untuk tidak dilindungi. Jadi harus pake cover atau sarung. 2 Minggu saya pakai ipad tanpa menggunakan sarung, terasa-nya seperti berjalan-jalan di medan pertempuran tanpa baju anti peluru.

ipad digunakan untuk menggambar

Untuk point 3, saya sudah mencoba berbagai aplikasi gambar dan coret moret. Penultimate (ini ada anti tempelnya), tapi buat saya ngga cocok. Karena kecil bidang gambarnya. Adobe Ideas, bagus.. free dan bagus. Hanya sayang, berhubung yang bikinnya adobe. Dia tidak menyediakan export to jpg. Adanya cuma export to pdf (aneh deh dia). Jot (ini saya suka), Sketchbook, ini cocok kalau mau bikin lukisan (bukan coret moret). Jauh lebih berguna daripada versi iphonenya (it’s a mistake, saya beli sketchbook di iphone). Yang lain-lain cuma for fun aja. nothing fit. Tapi semua problemnya sama, tangan jangan nempel pas menggambar.

Mengenai apakah menggunakan bolpen khusus untuk ipad atau menggunakan jari tangan langsung. Ini juga masih dalam tahap percobaan. Saya masih mencari mana yang lebih pas buat saya.

Padahal tujuan awal saya membeli ipad ini, selain untuk browsing, dan baca ebook. Ipad ini saya ingin menggunakan sebagai ganti papan tulis putih saya. Akhirnya…. saya tetap membawa papan tulis tercinta ke mana-mana (plus spidol). Dan salah satu top nya menggunakan papan tulis (yang saya punya super ringan), adalah kita bisa lempar, bawa dengan cuek, ngga takut rusak, ngga takut dicuri penjahat. Beban mental berkurang. :D

catatan: blog ini saya kutip dari blog saya di: http://blogs.konsep.net/micowendy/2010/kekurangan-ipad/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.