Launchpad pada Android

0
710

                 Launchpad adalah sebuah alat yang biasa digunakan dalam bermain DJ. Jadi bermain DJ tidak hanya bermain dengan piringan dan efek efek suara saja. tetapi juga dengan menambahkan suara lain. Di rancang oleh Ableton dan Novasi, Launchpad menempatkan Ableton live di ujung jari anda, banyak DJ atau producer music yang saat ini sering pake launchpad buat mainin musiknya. Perkembangnya alat musik ini bermula dari tren musik EDM tapi ini versi murah & praktisnya, dengan harga yang berkisaran antara kurang lebih 1,8 Jt’an. Lebih murah di bandingkan turntable buat nge-DJ, Di kalangan para disc jockey (DJ), Launchpad jadi tren baru yang menunjang performance mereka di atas stage. Nggak heran, sejak diluncurkan pada tahun 2009 oleh novation, beragam jenis launchpad jadi andalan banyak DJ besar dunia.

Sumber : https://static1.squarespace.com

Kelebihan Launchpad :

Satu Alat Beragam Fungsi

Kalau biasanya sebuah DJ set terdiri dari rangkaian DJ Mixer, MIDI controller, effect generator dan alat lainnya, sebuah launchpad bisa menggantikan fungsi beberapa alat tersebut sekaligus. Dengan jaringantombol multi-warna 64-tombol dan tombol khusus adegan peluncuran, bisa digunakan untuk clipping, mixing, eksekusi drum pattern, trigger loops, mapping dan menggerakkan parameter seperti fade atau cross. Kerennya, semua itu bisa diprogram sesuai keinginan dengan bantuan software.

Pengaturan Set Personal

Nggak hanya bisa digunakan untuk mixing, sebuah launchpad bisa diprogram buat mengeluarkan suara yang benar benar unik. Setting pada sebuah launchpad benar-banar dapat diatur secara personal. Hal itu bikin setiap DJ yang akan manggung menggunakan launchpad, harus terlebu dahulu memasukan pengaturan suara dan mapping effect lainnya kedalam setiap pad. Dengan menggunakan software, launchpad juga bisa menyimpan fungsi preset yang pastinya bikin penggunanya lebih mudah mengganti ganti effect secara live.

Support Tampilan Visual Saat Perform

Selain sebagai alat ‘bermusik’, launchpad juga bisa membantu penampilan visual dari DJ yang memainkannya. Soalnya, setiap pad pada launchpad memiliki pencahayaan yang bisa diatur warna, intensitas dan pola nya. Jadi, saat dimainkan, launchpad juga bakal menghasilkan pola pola cahaya yang unik dan menarik. FYI, pola cahaya ini sendiri rupanya merupakan hasil mapping yang diprogram menggunakan software. Fungsinya adalah untuk memberikan tanda pada setiap effect dan bunyi dari setiap pad.

(sumber: http://longlivelocalmusic.blogspot.co.id/2016/05/tahu-tentang-launchpad.html)

Nah, buat kalian yang ingin mencoba launchpad ini ada sebuah aplikasi bernama Unipad-Launchpad. Dalam aplikasi itu sendiri ada beberapa list lagu yang telah di aransemen dan anda tinggal memainkannya.

Jika anda pusing dalam memainkannya, sudah disediakan tombol autoplay dan juga ada fitur-fitur lain seperti record order untuk urutan tombol yang di tekan dan juga fitur Show Button Pressed untuk melihat tombol mana saja yang di tekan.

Dan juga mendukung LED berwarna warni, membentuk sebuah pola mengikuti alur lagu.

Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa kalian dapatkan pada Google Play Store atau klik link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kimjisub.launchpad&hl=in

Cukup sekian dari saya, selamat mencoba 🙂

(Irsyad Zainul Q)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.