Meltemi, Andalan Kedua Nokia Setelah Windows Phone

0
332

Meski sedang mengembangkan Windows Phone untuk smartphone, Nokia masih menaruh perhatian pada ponsel untuk segmen menengah. Sistem Operasi Symbian Series 40 yang digunakan pada ponsel Nokia nampaknya akan segera diganti dengan OS baru dengan code name Meltemi. OS baru ini masih dalam tahap pengembangan, dan kedepannya diharapkan dapat melanjutkan 13 tahun kesuksesan Series 40.

misc_meltemi project

Meltemi ini berbasis Linux, dan merupakan bukti keseriusan Nokia memperhatikan pangsa pasar featured phone. Feature phone buatan Nokia sendiri berhasil meraih 47% dari keseluruhan penjualan Nokia pada akhir 2011 lalu.

Nampaknya Nokia sedang merencanakan opsi lain selain Windows Phone. Hal ini dikarenakan smartphone Nokia yang memiliki platform Windows Phone harus membayar lisensi ke Microsoft, dan spesifikasi hardware yang dibutuhkan pun tergolong lebih mahal.

Meltemi nampaknya juga akan menjadi salah satu andalan Nokia karena performanya yang dikabarkan jauh melampaui S40. Apalagi ada beberapa sumber yang menyebut performa Meltemi setara dengan kemampuan OS Bada dari Samsung.

 

Sumber:
tekno.kompas.com
tbreak.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.