Home Aplikasi Membaca Content Web Offline dengan Instapaper untuk iPhone/iPad

Membaca Content Web Offline dengan Instapaper untuk iPhone/iPad

0
233

53

(* Aplikasi “Must Have” untuk pengguna iPhone / iPad *)

 

Aplikasi Instapaper ini sangat berguna bagi Anda yang sering tidak di depan komputer. Misalnya saya sering kali di perjalanan kena macet, atau menunggu teman di cafe. Dengan adanya instapaper ini kita dapat membaca artikel-artikel di website yang sudah kita tandakan.

Untuk menggunakan instapaper ini ada beberapa langkah:

  1. Daftar (jika belum) di website instapaper: www.instapaper.com.
  2. Install addons di firefox (atau browser lain).
  3. Download dan install aplikasi instapaper di gadget kita (iPhone / iPad), aplikasi bisa disearch dari “App Store” atau dari http://www.instapaper.com/iphone. Lalu login menggunakan username/password yang sama dengan yang kita daftarkan di websitenya.

Selesai.

Anda tinggal langsung menggunakannya. Bisa dari icon yang terinstall di toolbar browser, atau dari klik kanan di mouse. Lalu save ke instapaper. Artikel otomatis akan tercopy ke account kita di instapaper. Kita bisa membacanya di Gadget kita.

54

Instapaper –> Blog di x-phones

55

List artikel yang sudah disave ke instapaper, dibuka dengan iPhone

56

Tampilan artikel x-phones dibuka di instapaper. Woala… hanya artikel pentingnya saja yang dipindah.

Selain itu, fitur-fitur di instapaper termasuk: dapat merubah ukuran font, ada mode malam (gelap terang dibalik), kamus, folder, pilihan favorit utk artikel, “share to” yg lain. Fitur tilt scroll menurut saya malah pusing digunakannya.

Ada beberapa keuntungan dengan instapaper:

  1. Kita bisa membaca offline, ketika iphone/ipad kita tidak memiliki koneksi internet (GSM nya mati misalnya).
  2. Kita bisa mengoleksi artikel yang kita inginkan. Alih-alih mengoleksinya di direktori.
  3. Kita bisa membuka artikel tersebut di berbagai gadget / komputer. Asal kita memiliki username dan password tersebut, kita bisa mengaksesnya di mana saja. Dan tidak usah sibuk memindahkan data jika mengganti ponsel / gadget.
  4. Hasil dari instapaper cukup rapih, sehingga seringkali iklan-iklan terbuang otomatis.

Catatan:

  1. kalau kita menggunakan juga aplikasi yang serupa (Read Later), kadang-kadang ketuker dengan instapaper yang menggunakan icon “Read Later” dengan nama yang sama.┬áDi artikel berikutnya saya akan mencoba mengupas “Read Later”.
  2. Pada iOS 5, katanya akan ada fasilitas serupa yang sudah embedded di safari browsernya. Tapi saya masih belum bisa mengatakan apakah dengan adanya iOS 5 itu, dapat menggantikan fitur instapaper.
  3. Instapaper yang baru ada badgenya juga, tapi saya ragu manfaatnya.
  4. Kita juga bisa meng-instapaper-kan menggunakan safari browser yang ada di iPhone / iPad dengan menggunakan bookmark. Tapi cenderung lebih rumit menurut saya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here