Memotret Makanan agar Lebih Menarik dengan Telepon kamera

0
19

Apa hobi anda memotret? Pada Kehidupan Zaman sekarang Hampir setiap orang sering memotret kegiatan-kegiatan mereka. Mereka tidak pernah lupa untuk membawa ponsel mereka kemanapun mereka pergi dan hal yang tidak mereka lupakan adalah memotret setiap kegiatan yang mereka lakukan termasuk memotret hal yang tidak penting seperti memotret makanan yang sedang mereka makan, tanpa kita sadari untuk seorang pengusaha khususnya pengusaha makanan seperti warteg, restaurant, dll. Memotret makanan dengan menarik adalah cara mereka untuk menarik simpati pelanggan agar membeli makanannya.
Untuk ini saya ingin berbagi apa sih yang harus dilakukan ketika memotret makanan agar terlihat lebih menarik

Dasar cahaya, gaya, perspektif, kuantitas, kualitas dan waktu.

Jika Anda terbiasa dengan fotografi, dan terutama fotografi makanan, Anda tahu bahwa cahaya, gaya, perspektif, waktu, kuantitas dan kualitas subjek semuanya secara kolektif menghasilkan foto yang bagus. Hal-hal ini tidak jauh berbeda saat Anda memotret dengan ponsel kamera Anda.

1) Cahaya: Natural vs Buatan

Ketika harus memotret makanan, cahaya adalah segalanya. Tidak masalah jika Anda memotret dengan iPhone atau high-end DSLR. Jika Anda tidak memiliki jumlah cahaya yang baik, Anda tidak akan bisa menghasilkan gambar yang bagus. Alam, cahaya hari yang lembut sangat cocok untuk tujuan ini dan semakin banyak yang Anda miliki. Selama Anda tidak duduk di luar, tepat di tengah matahari tengah hari, kemungkinan menemukan tempat yang nyaman, di samping jendela besar seharusnya tidak menjadi masalah besar. Pastikan cahaya berasal dari jendela samping, karena cahaya samping akan memunculkan tekstur makanan Anda lebih banyak.

Processed with VSCOcam with g3 preset

sumber gambar: https://cdn.photographylife.com/wp-content/uploads/2014/06/Camera-Phone-Food-Photography-8-720×960.jpg

Jika bayang-bayang terlalu dalam dan Anda akan kehilangan cahaya dengan cepat, dengan menggunakan reflektor untuk mengisi bayangan mungkin memberi “umph” itu pada foto Anda, dan Anda tidak akan khawatir membuka bayangan di pascaponsel kamera.

Tapi apa yang harus dilakukan saat siang hari tidak tersedia sama sekali? Sama seperti di semua jenis fotografi, menciptakan cahaya Anda sendiri memberi Anda fleksibilitas yang luar biasa. Ada banyak perangkat portable kecil (lampu video dan lampu LED) yang bisa Anda bawa bersama Anda atau berguna di rumah. Saya sesekali pergi ke rute itu saat memotret makan malam saya. Saat siang hari hampir habis, aku berjuang dengan foto buram dan tidak fokus. Untuk membuat hidup saya lebih mudah, saya menggunakan lampu merah Westcott Spyderlite untuk mengisi celah. Teknik penembakan dengan cahaya yang terus menerus tidak banyak berbeda dari pemotretan dengan cahaya alami. Ini mungkin terlihat sedikit berbeda dari siang hari, tapi saya menyukai nuansa yang berbeda sehingga cahaya buatan memberi beberapa tembakan saya. Jika Anda adalah penggemar berat cahaya alami untuk fotografi makanan Anda, pastikan sumber cahaya Anda tersebarkan dengan baik dan tidak mematikan dengan sangat keras.

2) Memahami Perspektif

Jika Anda menyukai estetika bokeh yang indah dan tampilan tiga dimensi, Anda akan sangat merindukan saat memotret dengan kamera ponsel Anda. Memanfaatkan mental untuk dua dimensi, foto berpenampilan datar. Karena terlalu banyak kedalaman lapangan dan satu focal length dengan apertures yang lambat, ponsel kamera tidak dapat menghasilkan apa yang dapat dilakukan DSLR Anda. Apa yang bisa Anda tawarkan kepada Anda, adalah cerita dan lingkungan subjek Anda dengan menunjukkan segala sesuatu di sekitarnya, sehingga memberi kesan dokumenter lebih.

Processed with VSCOcam with f2 preset

sumber gambar: https://cdn.photographylife.com/wp-content/uploads/2014/06/Camera-Phone-Food-Photography-26-702×960.jpg

3) Styling

Styling food sangat personal. Saya tidak berpikir bahwa ada orang yang benar-benar bisa mengajari Anda cara menata makanan dengan benar. Dengan trial and error, Anda bisa mengembangkan mata dan selera Anda sendiri untuk menata makanan lembur. Berlatih, berlatih, berlatih dan tahu apa yang membuat makanan tertentu menarik. Saya sering menemukan empat hal mendasar yang sesuai dengan gaya makanan: koordinasi warna, penyajian yang benar, hiasan dan latar belakang yang baik. Piring putih besar selalu bekerja paling baik untukku dan hiasan hijau kecil di piring yang membosankan memberi sedikit keaktifan pada presentasiku. Juga lihatlah grafik di bawah ini dan lihat warna mana yang cocok dengan warna yang berlawanan:

Processed with VSCOcam with f2 preset

sumber gambar: https://cdn.photographylife.com/wp-content/uploads/2014/06/Camera-Phone-Food-Photography-15-720×960.jpg

4) Kuantitas

Selalu mencoba untuk piring dan foto makanan yang siap dikonsumsi oleh satu orang, dalam satu setting. Meskipun terkadang peraturan itu dimaksudkan untuk dipatahkan, umumnya Anda ingin tetap berpegang pada gagasan untuk menyajikan makanan pra-porsi. Dilapisi dengan baik, satu porsi makanan akan terlihat lebih enak dan menyenangkan bagi siapa saja yang melihatnya.

Processed with VSCOcam with g3 preset

sumber gambar: https://cdn.photographylife.com/wp-content/uploads/2014/06/Camera-Phone-Food-Photography-18-720×960.jpg

5) Kualitas

Pilih makanan yang enak dan enak. Sayangnya, tidak semua makanan itu fotogenik. Selama proyek ini, saya banyak berjuang dengan makanan yang sesuai dengan pedoman kelompok tantangan dan juga terlihat bagus setelah dimasak. Hindari memotret sesuatu yang tidak menarik. Jika Anda harus melakukannya, maka kembali ke styling-nya.

Processed with VSCOcam with c1 preset

sumber gambar: https://cdn.photographylife.com/wp-content/uploads/2014/06/Camera-Phone-Food-Photography-22-640×960.jpg

6) Waktu

Kami yang memotret dengan ponsel kamera mereka tinggal pada saat ini, dan timing kemungkinan besar tidak menjadi masalah. Saya pikir tujuan menggunakan ponsel kamera melayani tujuan itu dengan tepat. Anda memiliki telepon, Anda memiliki makanan dan Anda menembak. Tapi saya masih ingin memberi sedikit pengingat tentang mencoba memotret makanan segar Anda, saat lembut Anda duduk di atas piring panas, beku dan siap dikonsumsi.

7) Editing

Mengedit foto pada ponsel kamera mungkin bekerja secara berbeda untuk berbagai platform. Saya hanya bisa menulis tentang pengalaman saya sendiri dan berbagi dengan Anda apa yang saya gunakan untuk tujuan ini. Karena saya menggunakan iPhone, saya memiliki aplikasi bagus yang disebut VSCOcam. VSCOcam pada dasarnya adalah alat pengeditan foto yang mengemulasi film. Ada banyak pilihan untuk Anda pilih dan proses editingnya cukup mudah. Anda memulai dengan memilih filter sesuai dengan keinginan Anda. Dari situ Anda bebas memilih opacity filter dengan mengetuknya. Lebih jauh ke bawah, Anda bisa masuk ke pengaturan dan memperbaiki white balance, exposure, saturation dan banyak hal lainnya yang perlu diperhatikan. Saya mendengar ada aplikasi lain yang bekerja sama dan menghasilkan hasil yang bagus.

Processed with VSCOcam with m3 preset

sumber gambar: https://cdn.photographylife.com/wp-content/uploads/2014/06/Camera-Phone-Food-Photography-20-720×960.jpg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here