Motorola ET1 – Tablet Industrial yang Dirancang dengan Baik

0
104

Motorola ET1 adalah sebuah tablet yang dirancang agar memenuhi kebutuhan dari seorang pekerja kantoran. Desainnya memungkinkannya untuk digunakan dalam kondisi lingkungan kerja bidang perdagangan maupun industrial. Karena itulah tablet ini memiliki bodi yang cukup besar agar lebih mudah digenggam di tangan dan memiliki sertifikasi standar ketahanan terhadap lingkungan IP54 yang berarti ET1 mampu bertahan terhadap debu dan percikan air. Selain itu standar ketahanan MIL STD 810G memastikan bahwa tablet ini tidak akan terpengaruh jika terjatuh dari ketinggian maksimal 1,2m. Layarnya dilapisi Gorilla Glass yang 30% lebih tebal dan kuat dibanding produk serupa yang ditujukan kepada konsumen biasa.

Spesifikasi yang dibenamkan oleh Motorola ke dalam ET1 cukup impresif, ada prosesor dual core 1GHz, RAM 1GB, memori internal 4GB dan slot microSD yang kompatibel hingga kapasitas kartu memori 32GB. Layarnya sendiri merupkan sebuah layar sentuh capacitive 7 inci dengan resolusi 1024×600. Kameranya sendiri menggunakan sebuah kamera 8MP sebagai kamera utama di bagian belakang dan sebuah kamera webcam untuk video call di bagian depan. Kamera utama tersebut mampu merekam video hingga resolusi HD 720p, sebuah fitur yang semakin lama semakin standar dimiliki oleh tablet dan smartphone sekarang. Baterainya tergolong berkapasitas besar yaitu 4620 mAh. Bobot dari tablet ini cukup berat, 630gram. Walaupun hampir sama dengan iPad 2, perbedaan dimensi dan ukuran layar membuat ET1 cukup berat jika dibandingkan.

Sayangnya Operating System yang digunakan disini adalah OS Android 2.3.4 yang ditujukan untuk digunakan pada smartphone, bukan tablet. Akibatnya beberapa fitur terlihat kurang pantas dan kurang intuitif untuk digunakan pada sebuah tablet. Meski begitu, para pekerja industri kini memiliki tablet alternatif yang dapat digunakan pada kondisi kerja mereka dibanding produk lainnya yang terlihat ringkih saat dibandingkan dengan ET1. Segmentasi produk yang cermat oleh Motorola menurut saya walaupun harga yang ditawarkan masih sangat mahal, diperkirakan ET1 akan dijual dalam jangkauan harga €800-€1200.

Sumber:  www.engadget.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here