Nama Baru Snap Dragon

0
396

Qualcomm, sebuah  perusahaan yang menghasilkan berbagai jenis chip yang ditemukan di banyak rilisan smartphone ini,  menyatakan akan membuat penamaan baru dalam sistem SoC mereka menjadi nama yang lebih mudah diingat dalam beberapa tahun terakhir ini. Perubahan ini dikarenakan kurang praktisnya penamaan model Snapdragon yang dibuat oleh Qualcomm bagi konsumen yang mencari prosesor mana yang berada pada smartphone pilihan mereka. Karenanya, sistem baru ini akan menamakan chip mereka berdasarkan generasi chip tersebut, menjadi S1, S2, S3 dan S4 dimana S adalah singkatan dari Snapdragon, bukan Sarjana lo yah .. hehehe

Silicon generasi pertama atau S1 adalah kakak tertua dengan teknologi 65nm dan memiliki 200 GPU dari Adreno. Dapat ditemukan pada gelombang pertama Windows Phone dan contohnya pada HTC Droid Incredible.  Chip generasi kedua, S2 diproduksi dengan teknologi 45nm dan memiliki Adreno 205 GPU. Merupakan chip yang paling banyak kita temui pada sebagian besar smartphone berbasis Snapdragon yang ada di pasaran saat ini seperti HTC Thunderbolt, LG Revolution, dan model terbaru Xperia dari Sony Ericsson.

S3, generasi ketiga ini adalah Snapdragon dengan dual-core yang dipadukan dengan GPU Adreno 220. Meski sama-sama memiliki teknologi 45nm, S3 memiliki tambahan tenaga yang cukup besar. Dapat ditemukan pada HTC Sensation, HTC Evo 3D, dan tablet HP Touchpad. Dan terakhir adalah chip generasi masa depan atau S4, yang direncanakan menggunakan chip dual core atau quad core 1.6GHz hingga 2.5GHz dan muncul tahun depan. Hmm .. Sepertinya dirancang untuk berkompetisi langsung dengan chip keluaran Nvidia, Kal-El yah ..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.