NFC (Near Field Communication) di Indonesia

0
343

NFC merupakan teknologi yang dirancang untuk memberikan kenyamanan pada konsumen. Cara kerja NFC adalah dengan mendekatkan ponsel ke sebuah alat pembaca data (wireless reader).NFC ini sesunguhnya sebuah chip yang memiliki id tertentu dan NFC merupakan pengemabangan dari teknologi RFID tetapi lebih disesuaikan untuk dapat digunakan pada handphone, teknologi standard yang digunakanpun sama yaitu ISO 14443 yang merupakan standarisasi untuk Short Range.

Secara teknis, teknologi NFC sudah siap pakai. Hanya kendalanya terletak pada terbatasnya jumlah ponsel yang beredar di pasar dan tingginya biaya mengadopsi teknologi ini. Chip NFC ini pertamanya ditanamkan pada ponsel, ponsel yang sudah mendukung untuk teknologi NFC ini dapat kita lihat pada http://www.nearfieldcommunicationsworld.com/nfc-phones-list/
Sistem operasi Android yang sedang berkembang telah meluncurkan SDK untuk keperluan NFC yang dimulai dari versi ginggerbread(2.3) dan mendukung beberapa standard teknologi NFC-A (ISO 14443-3A),NFC-B (ISO 14443-3B),NFC-F (JIS 6319-4),NFC-V (ISO 15693),ISO-DEP (ISO 14443-4),Mifare Classic,Mifare Ultralight.

Disadari bahwa belum banyak ponsel yang menggunakan teknologi NFC maka para operator selular mulai juga menanamkan chip NFC ke dalam kartu SIM mereka sehingga semua handphone nantinya dapat menikmati layanan ini. Indosat mulai merencanakan NFC pada pertengahan tahun 2008 dengan bekerja sama dengan bank mandiri yang sudah berhasil dengan layanan e-toll nya yang menggunakan RFID tetapi untuk kelanjutannya sampai sekarang saya belum tahu. sedangkan beberapa bulan terakhir ini telkomsel mulai memberitakan bahwa mereka sedang mengembangakan teknologi NFC yang nantinya akan dibenamkan pada sim card mereka. NFC ini diharapkan dapat menjadi tren pembayaran yang baru.

NFC pada ponsel sudah mulai digunakan di jepang untuk pembayaran kereta dan beberapa bisa digunakan dalam vending machine mereka. Dengan teknologi ini nantinya kita cukup menempelkan handphone yang memiliki teknologi NFC dan pulsa akan berkurang sesuai dengan jumlah transaksi yang dibayarkan.

Sementara itu keuntungan yang didapatkan oleh operator ketika mengadopsi teknologi yaitu keuntungan jangka panjang. Artinya operator tidak akan langsung mendapatkan keuntungannya langsung melalui transaksi ini tetapi keuntungan yang didapat adalah loyalitas pelanggan karena pelanggan tidak akan mudah membuang kartu sembarangan jika masih bisa digunakan untuk berbelanja.

Tugas besar untuk tim marketing para operator selular untuk merubah mindset masyarakat Indonesia yang lebih senang bertransaksi dengan kartu debit, tetapi bila para operator selular telah berhasil memasyarakatkan cara pembayaran ini, maka sangatlah mungkin kita naik busway cukup hanya membawa handphone, mari kita tunggu saja perkembangannya 🙂

sumber : http://www.nfctimes.com/news/indonesia-s-largest-mobile-operator-trial-m…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.