Nokia E71 Baru – Indonesia

0
261

 

Akhirnya beli juga nih Nokia E71 (di Metro – Plaza Senayan Jakarta). nokia E71 ini beroperating system symbian S60 3rd edition.

Sudah bongkar2 terus di web, ke toko-toko. buat pengganti hp ku yang lama. ini semua karena beberapa waktu yang lalu pas ke Pangandaran, aku coba browsing pake 6680 menggunakan OperaMini. Ternyata menggunakan operamini sangat menarik sekali. Mereka (opera) memproxy dan merubah semua tampilan web yang diakses dgn opera mini, ke format mobile. sehingga kecil proses downloadnya.

Ok. akhirnya aku beli juga E71. Ternyata, menurut aku… dibandingkan dengan gambarnya, lebih bagus barangnya. juga jauh lebih menarik bentuknya dibandingkan sebelumnya E61i yg lebih besar dan kelihatan kusam (silver).

Ada beberapa yang aku lihat bagus:

  1. kecepatan procesornya memang lebih cepat (300mhz <– cmiiw)
  2. tampilan lebih tajam

Nah, aku coba beberapa aplikasi di dalamnya:

  1. ada office. tapi ini jelas sekali kepakai. terutama bisa check mail di handphonenya.
  2. ada adobe acrobat reader. ini bisa dipakai juga buat buka attachment email. dan ok juga.
  3. ada web browsernya. lumayan..
  4. dikasih juga beberapa program spt yahoo mobile,
  5. GPS nya –> wow. ok bangeut. dulu pernah coba-coba GPS di palm (add on). tapi jaman batu sekali, ternyata sekarang udah sebagus ini peta indonesia.
  6. real playernya bisa buat nonton Youtube.com
  7. ada kamus juga, termasuk kamus Chinesse –> English. tapi masih kalah jauh dibandingkan Chinesse Dict yang aku pake di palm

Di luar itu, aku install:

  1. mobireader (buat baca ebook –> chm) <– belum sempat aku test benar2
  2. agilemobile (buat koneksi ke yahoo messenger, dan messenger2 lainnya). dibandingkan e-buddy, ini lebih stabil. tapi bayar
  3.  tentu saja: operamini. tapi ini masih ada bug kelihatannya. kalau kita mau input di textfield utk akses langsung ke url tertentu. tidak bisa menggunakan numeriknya (aku masih pake aplikasi yang E61i, karena belum ada yang E71 di webnya)

Masih banyak nih yang belum aku coba. utk sementara… motorola V3 kesayanganku masih aku simpen dulu. :)

Btw, tadi daftar telkomsel flash, tapi masih kerasa kadang2 bisa konek, kadang2 gagal. kata operatornya memang sedang penuh.

Tentunya aku juga udah ngebandingkan dengan iphone yang baru (via web + bacaan). Kalau dari pertimbangan2 cukup keras. akhirnya aku pilih Nokia aja ah.

Anyway… E71 aku puas bener. fitur2nya belum sempat di check semua nih. tinggal apakah ini bisa membuat aku meninggalkan Palm TX ku? agak ngga yakin.   :)

Tulisan ini saya ambil dari blog saya : http://blogs.konsep.net/micowendy/2008/nokia-e71-baru-indonesia/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.