Panduan Memilih iPhone – iPad

0
117

Ketika kita ingin membeli iPad atau iPhone.. ada beberapa pertanyaan yang kadang muncul di benak kita. Karena ada beberapa alternatif yang disediakan oleh Apple.

* 3G vs Wifi (tanpa 3G)
* Kapasitas: 16Gb, 32Gb, 64Gb
* Jailbreak atau jangan jailbreak (ini tidak dijawab di blog ini)
iphone_ipad_help_how_to
Padahal perbedaan harganya cukup significant. Misalnya dari 16Gb –> 32Gb bisa beda kurang lebih Rp 1 jt. Dari 3G ke non 3G juga bedanya lumayan. Kalau dana bukan masalah, tidak usah pusing beli saja yang paling advanced. Tapi kadang-kadang ketika kita mau beli juga bisa jadi barangnya kosong, sehingga pertanyaan berikutnya “apakah kita akan menunggu produk tersebut dengan speksifikasi yang kita inginkan, atau sudah saja beli dengan spek yang lebih bawah”.

Setelah saya menggunakan iPhone 3GS 32Gb dan iPad 3G 32Gb. Dari hasil penggunaan cukup lama, iPhone memang harus 3G (karena tidak ada pilihan non 3G, fungsi utama iphone kan untuk telpon). Tinggal pertanyaannya apakah akan langganan internet atau tidak. Jawabannya menurut saya adalah harus langganan internet, yang unlimitted.

Mengenai ukuran untuk iPhone, ternyata saya sulit sekali memenuhi kapasitas tersebut walaupun sampai setengah. Hampir sulit sekali. Jadi sebenarnya kalau saya membeli 16Gb pun sudah lebih dari cukup. Videopun kalau kita pindahkan ke iphone (sebelumnya diconvert dulu secara optimum) jadi kecil filenya, karena ukuran layarnya kecil.

Kalau di iPad lain lagi, saya menggunakan 32Gb ternyata cepat sekali habis. Maklum program-program di iPad jauh lebih besar daripada di iPhone. Contoh ada beberapa games yang sampai 1.5Gb. Kalau kita install beberapa game saja, sudah agak penuh. Nah sebenarnya tidak usah kuatir, kita bisa sync program yang sudah dibeli dengan itunes. Sehingga kita bisa menghapus beberapa games jika tidak digunakan, nanti pada saat kita ingin menggunakannya tinggal dipindahkan lagi dari itunes ke iPad kita. Berabe, tapi tetap ok.

Kalau mengenai 3G atau non 3G, setelah saya menggunakan cukup lama. Ternyata saya prefer tidak menggunakan fitur tersebut. Di kantor saya ada akses internet, di rumah juga ada akses internet, kalau sedang perlu… kita bisa pakai wifi di handphone yang di tethering ke ipad kita.

Bagaimana dengan pengalaman/pendapat Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here