Penyebab Dan Cara Mengatasi Android Yang Cepat Panas

0
281

Android yang cepat panas pasti sering membuat penggunanya kesal karena ponselnya menjadi lambat dalam menjalankan aplikasi dan juga khawatir takut ponselnya rusak. Dan jika sebuah ponsel atau perangkat elektronik lainnya mencapai titik panas tertentu akan mengakibatkan perangkat tersebut MELEDAK!

 

sumber : ulasabis.com

Nah, sebelum hal mengerikan itu terjadi pada ponsel pintar anda, berikut beberapa penyebab serta cara mengatasi android yang mudah panas.

  1. Bersentuhan Langsung Dengan Suhu Panas

Jangan salah paham, maksud bersentuhan langsung dengan suhu panas bukan berarti dibakar, kecuali kalau kalian emang punya hobi ngeborong handphone :v :v :v. Maksudnya adalah jangan biarkan ponsel anda berada dibawah terik matahari atau berada didalam ruang yang tertutup dan cenderung tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.

Jika anda ingin bepergian ke tempat yang memiliki suhu panas, lebih baik anda menggunakan casing ponsel yang memang dirancang untuk menyerap panas ponsel dan menjaganya agar tetap dingin. Dan jika anda bepergian menggunakan mobil, jangan meninggalkan ponsel anda didalam mobil karena sirkulasi udara di dalam mobil sangatlah minim, terutama saat ditinggal parkir dengan keadaan kaca tertutup.

  1. Menggunakan Ponsel Sambil Dicharge

Hal tersebut juga bisa menjadi penyebab ponsel menjadi cepat panas. Ketika ponsel dicharge, daya listrik akan masuk ke baterai ponsel, dan jika pada saat bersamaan kita menggunakan ponsel yang sedang mengisi daya, akan membuat proses pengisian daya tersebut menjadi tidak stabil dan akan membuat kinerja ponsel menjadi tidak optimal yang pada akhirnya membuat perangkat anda menjadi panas.

Bahkan menggunank ponsel yang sedang dicharge juga berbahaya bagi kesehatan pengguna karena radiasi yang dihasilkan ponsel akan bertambah tinggi. Akan lebih baik jika ponsel anda dicharge dalam keadaan off.

  1. Tidak Menutup Aplikasi Background

Ketika kita menjalankan banyak sekali aplikasi akan memaksakan ponsel kita untuk bekerja secara berlebihan, dan jika setelah menggunakan aplikasi – aplikasi tersebut kita tidak mengeluarkan atau menutupnya, akan membuat ponsel android anda terus bekerja untuk menjaankan aplikasi yang sebetulnya sudah tidak lagi digunakan.

Maka dari itu saat kita sudah selesai menggunakan aplikasi, keluarkanlah aplikasi tersebut pada aplikasi background agar ponsel android anda tidak lagi menanggung pekerjaan berat yang memaksanya untuk bekerja secara berlebihan.

  1. Menggunakan Ponsel Terlalu Lama

Sama halnya seperti manusia dan makhluk hidup lain, android sebagai perangkat pintar juga membutuhkan istirahat agar kinerjanya dapat kembali optimal. Bayangkan saja ketika manusia dipaksa untuk bekerja 24 jam non stop, sudah pasti akan mengakibatkan manusia tersebut menjadi stress serta sakit. Begitu juga halnya dengan perangkat elektronik seperti android, dengan waktu penggunaan yang berlebihan, bukan tidak mungkin ponsel anda menjadi cepat panas dan akan membuat baterai menjadi boros pemakaian.

Luangkanlah waktu jeda beberapa jam untuk mengistirahatkan ponsel anda setelah dgunakan, dengan begitu suhu  ponsel android anda akan kembali normal.

 

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi ponsel android yang cepat panas, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan membuat para pembaca lebih baik lagi dalam merawat ponsel android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.