Presentasi Menggunakan iPad – Projector

0
165

Bagi seorang yang memiliki pekerjaan di belakang meja, hal-hal seperti presentasi dan penyajian ide pasti akan sering dialami. Pada saat presentasi, banyak media yang bisa digunakan, seperti slideshow Power Point dengan proyektor, print out paper, atau bisa juga menggunakan whiteboard dengan coretan spidol. Sekarang siapa sangka presentasi juga bisa menggunakan iPad?

Alternatif pilihan presentasi menggunakan iPad
Bagi orang-orang yang sering melakukan presentasi tentunya akan mempertimbangkan penggunaan iPad sebagai salah satu alat bantu. Ada 2 cara menggunakan iPad pada saat presentasi:

  1. Presentasi dengan jumlah user terbatas, kita dapat menggunakan iPad langsung di depan para peserta presentasi tanpa bantuan alat lain.
  2. Presentasi dengan jumlah user banyak, sepertinya harus menggunakan bantuan proyektor supaya sama-sama nyaman.

presentasi iPad1

Lightning to VGA Adapter

Menggunakan monitor atau proyektor dapat dilakukan dengan memasangkan konektor ke ipad kita. Konektor ini lalu dihubungkan ke monitor / proyektor secara langsung. Ada beberapa macam konektor yang ada di Apple Store. Hati-hati, ada 2 jenis colokan yang berbeda tergantung dari jenis iPad nya. Untuk ipad yang baru menggunakan “lightning”. Juga target projector / monitornya.

Kekurangan dari pilihan ini adalah iPad kita harus tetap di tempat. Tapi pada pengoperasian iPad, kita bisa dibantu dengan iPhone sebagai remote controlnya (dengan aplikasi “Remote” dari Apple). Sayangnya, cara ini hanya dapat digunakan untuk aplikasi “Keynote”.

presentasi iPad2

 

Sumber gambar: http://www.idownloadblog.com/2012/10/24/lightning-to-hdmi-vga-adapter/

Atau dengan menggunakan iPad yang diremote ke notebook / komputer kita. Jika komputer kita terhubung dengan projector, kita dapat otomatis melakukan presentasi menggunakan projector juga (via notebook / komputer). Untuk itu dibutuhkan aplikasi yang diinstall di notebook / komputer kita:
– AirServer: www.airserverapp.com (windows atau mac, harga US$ 14,99)
– Reflector: www.refrelctorapp.com (khusus mac, harga US$ 12,99)

Dengan menggunakan ini, kita bisa berjalan-jalan menggunakan iPad kita. Lalu menunjukkan apa yang ada di iPad kita secara otomatis. Setelah aplikasi tersebut di-install di komputer kita, dan komputer kita terkoneksi dengan jaringan yang sama dengan iPad, maka akan ada icon “AirPlay” di menu bawah (menu yang dikeluarkan dengan menekan 2x tombol home).

presentasi iPad3

 

Photo: apa yang kita lihat di iPad akan terlihat juga di komputer.

 

Sumber:
www.apple.com
www.airserverapp.com
www.reflectorapp.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here