Review Easy Task for iPad

0
215

Sangat banyak sudah aplikasi to-do list dan task management dibuat, bahkan untuk iPad yang tergolong masih baru. Kenapa begitu ya? Saya rasa karena iPad tidak membuat to-do list. Memang, sudah ada aplikasi calendar, yang kelihatannya cukup bagus (belum coba), tapi gak ada to-do list nya. Menurut pemahaman saya, ada beda yang mendasar antara kalender dengan to-do list. Aktivitas yang ada di kalender memiliki waktu yang jelas, sedangkan to-do list hanya memiliki deadline, bahkan bisa juga gak ada deadline / tanggal-tanggal apapun sama sekali.

Berdasarkan pengertian itu, sebenarnya saya hanya mencari aplikasi to-do sederhana untuk melengkapi calendar nya iPad. Kriteria yang saya bayangkan adalah murah (kalau bisa gratis), bisa input task, punya deadline, dan bisa grouping ke dalam folder / projects. Kalau bisa pun ada fasilitas synchronize ke google / outlook, tetapi kayaknya sulit mengharapkan fitur itu dengan gratis.

Setelah mencari, ada 3 yang bagus: THINGS, Pocket Informant HD, dan TODO. THINGS dan Pocket Informant harganya di atas 10 dolar (THINGS bahkan hampir 20 dolar), jadi ditunda dulu deh. Kandidatnya tinggal TODO (5 dolar).

15

Akhirnya, saya nemu Easy Task. Memang sih, tampilannya gak cantik dan gak meniru notebook beneran seperti Informant atau TODO. Tapi fiturnya lumayan. Ada 3 tab: Home, Projects, dan Context. Pada tab Home, fitur inbox, today, tomorrow, next 7 days, past due, dan someday (untuk task yang tidak diberi due date). Pada tab projects, kita bisa buat project dan bisa menambahkan task-task ke dalamnya. Pada saat menambahkan task, kita bisa memberi judul, memberi start date, due date, project, prority, context, dan notes. Menariknya, ada juga fasilitas synchronize dengan website dengan alamat http://www.easytaskmanager.net.

Memang sih, sinkronisasinya bukan dengan outlook dan google seperti yang diinginkan. Tapi lumayanlah buat diakses kalau lagi gak bawa iPad. Jadi kebayang bisa share account dengan boss atau bawahan supaya bisa saling track to-do items. Sayangnya, agenda-agenda pribadi jadi ketauan. Jadi berharap, seharusnya bisa sinkronisasi multiple account, misalnya project A kita akan sinkronisasi dengan account A, project B dengan account B, dst. Teman-teman pun demikian, bikin project A, dan sinkronisasi dengan account A juga, dst. Itu baru keren…

Tapi, untuk aplikasi GRATIS (eh, saya belum bilang ini gratisan ya?), sepertinya sangat cukup lah untuk tracking aktivitas harian kita.

14

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.