Serba Serbi Nokia S40

0
403

Nokia AshaSeries 40 adalah sebuah platform dan software User Interface dari feature phone buatan Nokia, yang lebih menyasar pada pasar low-end. S40 dipercaya

merupakan salah satu platform yang digunakan secara luas oleh penduduk dunia,d an terdapat di ratusan juta perangkat. Bahkan pada 25 Januari 2012 Nokia mengklaim perusahannya telah menjual 1.5 miliar perangkat dengan OS S40.

S40 sebetulnya tidak digunakan untuk smartphone. S40 lebih difokuskan pada perangkat low-end buatan Nokia. Meskipun demikian, beberapa perangkat S40 yang diluncurkan pada 2012-2013 baru-baru ini sudah diklasifikasikn sebagai smartphone, terutama perangkat dengan code-name Asha di depannya.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999, Nokia menggunakan S40 sebagai UI pada Nokia 7110, dengan layar monokrom 96×65 piksel. Ponsel ini juga merupakan ponsel pertama yang dilengkapi dengan WAP browser. Makin lama, S40 makin berkembang dan pada tahun 2005, S40 diklaim telah berfungsi dengan baik untuk layar QVGA (240×320 piksel).

Nokia Asha

Aplikasi
S40 telah menyediakan berbagai aplikasi komunikasi seperti telepon, telepon internet (VoIP), olah pesan, email client (dengan kemampuan POP3 dan IMAP), serta dilengkapi dengan web browser. Untuk masalah multimedia, S40 telah menyediakan kamera, perekam video, pemutar musik/video dan radio FM. Tak hanya itu, S40 juga menyertakan aplikasi manajemen informasi pribadi seperti kalender dan task list. Manajemen file dasar juga tersedia, serta sudah dilengkapi dengan folder gallery.

Aplikasi yang dapat diinstall ke perangkat S40 ini mayoritas adalah aplikasi Java. Aplikasi Flash Lite juga telah didukung, sebetulnya, namun kebanyakan hanya digunakan sebagai screensaver.

Web browser bawaan dari S40 dapat mengakses halaman situs melalui gateway XHTML/HTML dari provider yang digunakan. S40 juga dapat menjalankan beberapa browser lain seperti Opera Mini untuk melengkapi pengalaman pengguna dalam hal browsing internet.

Kelebihan dan Kekurangan S40
Nokia AshaKetika mengembangkan S40, Nokia juga meluncurkan sebuah OS yang dikenal dengan nama S60, disematkan untuk ponsel high end pada masanya. Namun, dikarenakan kebijakan internal Nokia, OS S60 tidak dikembangkan lagi, dan Nokia beralih ke Windows Phone untuk ponsel-ponsel high ede keluaran baru mereka.

 

Perbandingan Nokia S40 dengan S60 sangat signifikan. Beberapa kelebihan dan kekurangan S40 dibanding S60 dapat dijabarkan seperti poin-poin berikut ini.

Kelebihan S40:

  1. Harga perangkat S40 tergolong relatif murah karena menyasar pada pengguna low-end.
  2. Bebas virus karena berbasis Java.
  3. Waktu booting yang relatif lebih singkat.
  4. Beberapa ponsel S40 mendukung teknologi 3G/UMTS.
  5. Memiliki fitur rekam pada saat melakukan panggilan telepon.
  6. Baterai lebih tahan lama
  7. Memiliki 2 pilihan reset: soft reset dan hard reset
  8. Dapat melakukan proses backup ke kartu memori
  9. Tersedia aplikasi photo editor bawaan dengan berbagai fitur
  10. Beberapa perangkat telah mendukung penggunaan dual SIM card

Kelemahan S40:

  1. Tidak mendukung multitasking
  2. Memori RAM yang kecil (hingga 64 MB)
  3. Kebanyakan tema tidak mengubah tampilan icon
  4. Kinerja perangkat tergolong relatif lambat
  5. Resolusi layar yang lebih kecil

 

Sumber:
nokia.com
en.wikipedia.org
sunardiwijaya.co.vu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.