Tips: Mengosongkan Media Penyimpanan Data Dari File Cache Dengan Shrink Storage

0
488

shrink storage1Masalah penyimpanan data pada perangkat mobile memang menjadi sesuatu yang krusial. Mungkin bagi Anda yang memiliki perangkat dengan kapasitas penyimpanan data yang berukuran besar belum terganggu, namun makin bertambahnya waktu, penyimpanan data juga pasti akan bertambah banyak dan cepat atau lambat akan menjadi masalah.

Windows Phone juga sering menambah beban pada media penyimpanan dibawah nama ‘Other’ pada Storage Details, yang berisikan kumpulan cache yang jika dibiarkan pasti akan memiliki ukuran yang cukup besar. Tidak ada fitur bawaan untuk menghapus cahce ini secara manual. Fitur penghapusan cache baru akan tersedia apabila media penyimpanan Anda telah penuh, dan untuk menunggu hal ini terjadi tentunya sedikit merepotkan.

Shrink Storage
Shrink Storage adalah aplikasi solutif untuk Anda dalam upaya menghapus kumpulan cache dan menambah ruang kosong pada media penyimpanan. Cara penggunaan aplikasi ini termasuk mudah, dan Anda tidak perlu khawatir kehilangan data apapun karena cara yang digunakan oleh aplikasi ini relatif aman.

Cara Kerja Shrink Storage
Shrink Storage bekerja dengan mengisi ruang cache hingga penuh. Mendeteksi hal ini, Windows Phone 8 akan segera mengosongkan cache dan tentunya akan menambah ruang kosong pada media penyimpanan Anda.

Cara kerja ini aman, dan tidak akan mengganggu keseluruhan data Anda. Jadi yang harus Anda lakukan hanya membiarkan aplikasi ini bekerja mengisi cache hingga penuh, dan kemudian melakukan fitur pembersihan yang memang terdapat pada Windows Phone 8.

shrink storage2

Cara Menggunakan Shrink Storage
Menggunakan aplikasi Shrink Storage ini cukup mudah. Anda tinggal  mengunduh aplikasinya dan jalankan. Setelah aplikasi terbuka, Anda hanya harus tap pada tombol ‘Fill Phone Storage’. Tunggulah beberapa menit, hingga ada notifikasi bahwa Windows Phone memiliki keterbatasan storage space. Konfirmasi notifikasi ini, namun jangan keluar dari aplikasi. Biarkan Shrink Storage menyelesaikan fungsinya, dan restart perangkat Anda.

Ketika perangkat Anda aktif, akan ada notifikasi untuk membersihkan storage room pada perangkat Anda. Lakukan hal ini dan tunggu hingga muncul pesan ‘Allocated Phone Storage Released’. Selamat, Anda telah berhasil mengosongkan cache pada perangkat kesayangan Anda.

Ketersediaan Aplikasi
Pengembang dari aplikasi ini mengakui bahwa aplikasi yang mereka kembangkan belum tentu cocok untuk semua tipe Windows Phone. Namun aplikasi yang satu ini tidak ada salahnya dicoba karena jika sukses, Shrink Storage akan menambah ruang kosong pada perangkat Anda dengan menghapus file cache yang tidak terlalu berguna.

Aplikasi Shrink Storage ini dilepas di Windows Phone Store dengan ukuran hampir sebesar 1 MB, dan dilepas dengan gratis. Tertarik untuk mencoba fitur ini? Tuliskan pengalaman Anda menggunakan Shrink Storage pada kolom komentar, sebagai tambahan bahan pertimbangan bagi para pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.