Siapakah Gerangan Tim Cook?

0
189

Tim Cook menjabat sebagai COO dari Apple ketika Steve Jobs memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi CEO baru-baru ini. Kini Tim Cook naik jabatan menjadi seorang CEO secara resmi setelah ditunjuk oleh Steve Jobs. Beberapa kalangan terutama penggemar Apple tidak terlalu terkejut dengan hal penggantian posisi tersebut karena Tim Cook adalah orang yang selalu menggantikan Steve Jobs secara sementara ketika berhalangan karena mengalami masalah kesehatan seperti yang terjadi pada tahun 2004, 2009 dan awal 2011 kemarin.

Tim Cook tergabung dalam Apple semenjak tahun 1998 dan pada pekerjaan-pekerjaan sebelumnya, pria berumur 50 tahun ini pernah bekerja selama 6 bulan di Compaq sebagai Vice President, Corporate Materials. Lalu beliau juga pernah menjabat sebagai COO dari Intelligent Electronics dan berkarir selama 12 tahun di IBM sebagai Director of North American Fulfillment pada jabatan terakhirnya.

Ketika Tim Cook hadir di Apple, jabatannya adalah Senior Vice President for Worldwide Operations, sebuah posisi dimana beliau ditantang untuk melakukan sebuah perubahan dalam rantai persediaan Apple yang terkenal tidak efisien. Beberapa waktu kemudian Tim Cook membuktikan diri sebagai pemimpin yang tak tergantikan saat beberapa keputusannya yaitu menutup beberapa pabrik yang tidak efektif, mengurangi tingkat inventory, dan menaikkan margin terbukti sukses. Beliau selalu membandingkan filosofi pekerjaannya dengan bisnis produk susu, yaitu tidak pernah menyimpan stok yang telah lewat masa segarnya terlalu lama.

Pada 2005 beliau naik jabatan menjadi COO dan Steve Jobs memberikan pernyataan bahwa Tim Cook telah membuktikan dirinya selama 2 tahun bekerja di Apple bahwa beliau layak untuk dipromosikan. Hal tersebut berlaku juga untuk kenaikan yang didapat oleh sang mantan COO. Pengalamannya dalam menjalankan operasi inti dari Apple membuatnya menjadi orang yang sangat diandalkan oleh Steve Jobs. Well, selamat bekerja Mr. Cook!

Sumber: apple.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here