Sinkronisasi Data Multi Device Dengan Google Sync

0
362

Terkadang kita menjumpai kendala yang menyebabkan kita kehilangan data, seperti penggantian handphone atau proses perbaikan yang menuntut master reset. Untuk beberapa orang, back-up dari data-data ini belum tentu ada, dan harus dimasukkan ulang dari catatan konvensional. Beberapa orang lainnya menggunakan aplikasi khusus untuk memback-up datanya, baik aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga. Beberapa lagi menggunakan Microsoft Outlook. Namun Apakah yang akan terjadi apabila perangkat yang mengalami masalah bukan hanya satu, tapi dua, tiga, atau bahkan lebih? Tentu merepotkan sekali.

googlesync

Salah satu solusi yang dapat dipilih adalah dengan menggunakan fasilitas sinkronisasi dari Google. http://www.google.com/sync menyediakan fitur sinkronisasi untuk berbagai gadget yang Anda miliki. Anda dapat mengunduh Google Sync untuk PC, Mac, Linux, Android, BlackBerry, Symbian S60, iPhone, iPad, Windows Mobile, dan lain-lain. Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh Google Sync yang sesuai untuk perangkat yang Anda gunakan.

Setelah didownload, proses dilanjutkan dengan instalasi. Setelah instalasi, aplikasi Google Sync akan melakukan sinkronisasi secara otomatis antara perangkat tersebut dengan akun Google Anda. Setelah semua proses selesai, akun Google dan perangkat yang Anda gunakan akan memiliki data contact, kalender, dan e-mail yang sama.

Anda dapat melakukan sinkronisasi terhadap perangkat Anda yang lain dengan cara ini. Sinkronisasi dengan perangkat lain menyebabkan data yang tersimpan di Google akan ditransfer ke perangkat tersebut, atau sebaliknya.

Dengan Google Sync, Anda tidak akan dipusingkan oleh banyaknya perangkat yang Anda miliki. Cukup sinkronisasikan semuanya dengan akun Google, dan Anda akan mempunyai data yang sama di seluruh perangkat yang Anda gunakan, dan proses pembaruannya dapat dilakukan dengan praktis.

Selamat mencoba.

 

Sumber:
google.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.