Sistem Cluster Dalam Penjualan Pulsa

0
216

Operator besar di Indonesia saat ini sudah mulai menerapkan sistem “cluster” dalam hal penjualan pulsa. Sistem cluster ini bisa dikatakan sebuah metode dimana penjual pulsa hanya dapat menjual pulsanya di wilayah yang terbatas, dengan tujuan melindungi para distributor supaya wilayahnya tidak dicampuri oleh distributor lain.

logo_providers MORE

Juru bicara Telkomsel menyatakan bahwa sejak sistem cluster ini diterapkan,  banyak keuntungan yang akan didapat oleh berbagai pihak. Dari pihak distributor, seperti yang sudah dijelaskan di atas, tidak akan saling serobot wilayah penjualan. Pedagang pulsa kecil juga mendapat keuntungan, karena dapat langsung menghubungi distributor yang bersangkutan apabila kehabisan stok pulsa. Konsumen juga akan diuntungkan karena penyediaan pulsanya makin terjamin dan dengan harga yang relatif stabil. Sistem perdagangan pulsa pun akan makin diuntungkan karena dengan keteraturan sistem cluster akan menciptakan perdagangan pulsa yang sehat dan seimbang antar wilayah.

Namun, Wakil Ketua Paguyuban Pedagang Pulsa Indonesia, Poltak Silaen, berkata bahwa sejak sistem cluster diterapkan, para pedagang pulsa eceran terkena dampak negatifnya. Keuntungan pedagang eceran menurun drastis karena tidak lagi bisa menjual pulsa ke luar wilayahnya.

Apakah sistem cluster ini menguntungkan, atau malah merugikan masyarakat Indonesia?

 

sumber:
detikinet.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.