Speedtest – Cek Kecepatan Internetmu via Ponsel

0
139

Image 3

Pada saat kita menggunakan mobile phone kita, sering kali kita bingung “kenapa pelan amat”. Aplikasi “Speedtest” dari Ookla ini diperuntukkan mengukur kecepatan internet dari ponsel anda ke beberapa titik yang sudah ditentukan. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengukur kecepatan download dan kecepatan upload.

Operator ponsel biasanya memberikan paket internet bermacam-macam. Dari pilihan-pilihan tersebut kita harus pandai-pandai menentukan mana yang paling cocok buat kita. Misalnya untuk handphone smartphone yang menggunakan banyak transaksi data, maka perlu diambil yang optimal. Operator ponsel memberikan 2 angka biasanya, 1 adalah kecepatan wajar jika kita belum menembus limit tertentu jumlah data. Tetapi jika kita menggunakan lebih dari batas jumlah data tersebut, maka kecepatan akan masuk ke kecepatan pelan.

Image 2

Dengan aplikasi ini kita bisa mengetest kecepatan tersebut. Selain itu, beda tempat bisa beda pula kecepatan. Operator ponsel memberikan bandwidth berbeda-beda di masing-masing wilayah.  Juga jumlah pengguna di daerah tertentu dapat menentukan kecepatan download. Selain kita dapat menggunakannya untuk mengetest kecepatan operator (jangan lupa mematikan koneksi wifi jika kita ingin mengetest kecepatan operator), kita juga bisa mengetest kecepatan internet wifi di sekitar tempat kita (dengan menyalakan wifi setting di ponsel).

Setelah mendapatkan nilai kecepatan, kita bisa saja iseng mengupload ke media sosial. Baik itu jika kenceng maupun ketika pelan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here