Telepon Satelit

0
534

Tidak banyak yang tau tentang telepon satelit di era telekomunikasi sekarang ini, ya sangat wajar, karena telepon satelit hanya digunakan di area-area pedalaman, pegunungan hingga tengah lautan yang sangat tidak memungkinkan mendapatkan sinyal GSM atau CDMA. Mengutip dari wikipedia, telepon satelit adalah suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang menempatkan base transceiver station (BTS) nya di udara sehingga memiliki jangkauan lebih luas dibanding telepon berbasis GSM yang menempatkan BTS-nya di darat. Telepon satelit tidak menggunakan infrastruktur yang ada di bumi untuk melakukan panggilan.

Penggunaan telepon satelit sangat jarang dilakukan, mungkin hanya dilakukan didaerah pelosok oleh para peneliti atau di dalam daerah bencana. Seperti yang terjadi setahun silam saat gempa mentawai. Saat itu menkominfo memberikan bantuan 37 telepon satelit kepada Pemkab Kepulauan Mentawai. Telepon satelit sangat berguna ditengah kondisi pasca tsunami untuk mendukung pelaksanaan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi daerah tersebut.

Baru-baru ini sebuah perusahaan teknologi di Amerika, Spot LLC membuat sebuah perangkat yang mampu mengubah fungsi telepon pintar menjadi telepon satelit sehingga tidak lagi menggunakan jaringan selular.

Mengutip dari portal berita tempo, disebutkan bahwa dengan alat bernama SPOT Connect, sebuah ponsel pintar akan berfungsi sebagai telepon satelit. SPOT Connect merupakan komunikator satelit baru yang mampu mengirim pesan melalui jaringan satelit Globalstar dari sistem operasi smartphone.

spot_llc_spot_connect_903276_g1

Untuk menggunakan alat ini, pengguna harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di SPOT Connect app melalui ponsel. Kemudian perangkat SPOT Connect dihubungkan dengan smartphone melalui Bluetooth.

“Untuk pertama kalinya, para penjelajah dunia dapat menggunakan smartphone dengan biaya yang lebih efisien karena mereka memiliki komunikasi satelit pribadi dari smartphone mereka,” kata Presiden Spot LLC dan CEO Globalstar, Inc. Peter Dalton.

SUngguh menarik, ternyata ditengah persaingan layanan operator, masih ada penyelenggara telepon satelit yang bertahan. Hebatnya perusahaan ini bisa menggabungkan kecerdasan smartphone yang semakin hari semakin maju dengan kehandalan telepon satelit yang hanya digunakan kalangan tertentu saja.

Sumber:
www.tempointeraktif.com , id.wikipedia.org, www.kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.