Telepon, SMS, dan Video Call Murah Dengan Teknologi VoIP

0
285

182

Tak lama lagi, kesulitan komunikasi dikarenakan keterbatasan pulsa akan menjadi bagian dari masa lalu. Saat ini aplikasi-aplikasi yang memudahkan manusia makin berkembang, dan proses komunikasi mulai mengalami revolusi dengan makin digunakannya metode voice over internet protocol (VoIP). VoIP ini adalah salah satu cara berkomunikasi menggunakan line internet untuk saling bertukar suara, pesan singkat, maupun video. Aplikasi-aplikasi yang mendukung VoIP telah banyak beredar di pasaran, beserta keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Cara kerja VoIP tergolong sederhana untuk metode yang up-to-date.Ppengguna ponsel atau gadget yang telah mendukung VoIP hanya perlu menghubungkan perangkat mereka dengan internet. Setelah itu, pesan singkat maupun panggilan telepon akan diproses via layanan data. Makin berkembangnya kemajuan teknologi membuat penggunaan smartphone makin merebak, dan seiring dengan hal itu, kebutuhan akan komunikasi yang murah makin tinggi. Tak heran jika para pengembang seperti berlomba-lomba menciptakan aplikasi-aplikasi berbasis VoIP karenanya.

Namun, meski telah banyak pilihan aplikasi untuk ber-VoIP ria, aplikasi-aplikasi ini masih belum dapat digunakan secara efektif di Indonesia karena jaringan internet Indonesia masih belum cukup stabil untuk mendukung layanan VoIP yang berkualitas. Maka dari itu, tak heran jika aplikasi berbasis VoIP di Indonesia mayoritas hanya digunakan untuk mengirimkan pesan singkat dan chat saja.

Ada beberapa aplikasi VoIP yang dapat Anda pilih, berikut adalah 5 diantaranya:

 

  1. Skype

183

Skype merupakan aplikasi berbasis VoIP yang paling banyak digunakan di dunia. Skype menawarkan banyak fitur, diantaranya panggilan suara, panggilan video, serta pengiriman pesan singkat yang dapat dilakukan secara gratis antar pengguna Skype. Skype juga memungkinkan penggunanya melakukan panggilan suara ke perangkat yang tidak terhubung dengan Skype. Pengguna juga dapat mengirim pesan singkat ke ponsel yang tidak memiliki Skype. Hanya saja, fitur ini tidak gratis.
Viber

184

Viber tidak memiliki fitur selengkap Skype. Kemampuan panggilan video masih belum dapat didukung oleh aplikasi berbasis VoIP yang satu ini. Viber juga tidak dapat melakukan kontak ke perangkat yang tidak tersambung dengan Viber. Namun ada beberapa hal dari Viber yang masih lebih menyenangkan dibanding Skype. Pertama, pengguna Viber tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk memanfaatkan aplikasi ini. Tidak ada proses log in dan log out dalam menggunakan aplikasi ini, yang mungkin merupakan hal yang menyenangkan untuk beberapa orang. Kedua, aplikasi ini bebas iklan. Hal ini makin menjadi keunggulannya, karena aplikasi tanpa iklan dapat menyebabkan penggunanya dapat mengakses panel-panel yang ada dengan lebih cepat. Terakhir, jika didukung oleh kecepatan koneksi internet yang baik, suara yang dihasilkan oleh aplikasi ini akan jernih sekali.

Fring

185
Fring memiliki fitur yang mirip dengan Skype, diantaranya dapat melakukan panggilan suara, panggilan video, maupun pengiriman pesan singkat. Pengguna Fring juga dapat melakukan hal-hal tersebut meskipun terget tujuan komunikasi tidak memiliki aplikasi yang sama, meskipun sama halnya dengan Skype, fasilitas ini juga dikenai biaya. Menariknya, Fring dapat melakukan proses panggilan video ke 4 pengguna sekaligus. Selain itu, Fring juga dapat diintegrasikan dengan akun Google Talk, MSN, AOL, AIM, ICQ, serta data di phonebook.

Nimbuzz

186

Salah satu kelebihan Nimbuzz adalah tersedianya aplikasi ini di multi platform. Ya, Nimbuzz dapat dijalankan di hampir semua ponsel, mulai dari Android, iOs, BlackBerry, bahkan sampai ponsel yang masih menggunakan Java. Pengguna Nimbuzz juga dapat mengintegrasikan akun Nimbuzznya dengan akun media sosial yang lain, semisal Facebook, Myspace, ICQ, Google Talk, bahkan Skype.

Google Voice

187
Dengan rencana peluncuran tahun ini, nampaknya fasilitas besutan Google ini dapat Anda uji coba keampuhannya sebentar lagi. Selain Google Voice, Google juga berencana mengembangkan fitur hangout di Google+. Nantinya, pemilik akun Google+ diharapkan dapat melakukan panggilan video kepada pemilik akun Google+ lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here