Tipe-tipe Layar Handphone

0
356

Bingung dengan pesatnya perkembangan teknologi telepon seluler? Ingin tahu jenis-jenis layar ponsel? Berikut adalah beberapa tipe layar handphone beserta keterangannya berdasarkan teknologi pembuatannya.
Monochrome
LCD tipe ini sering diterapkan pada teknologi sederhana sehari-hari, seperti kalkulator dan jam digital. Bekerja dengan cara menghitamkan piksel, salah satu kelebihan kayar monokrom adalah konsumsi daya yang kecil.

Passive-matrix (STN, CSTN)
Teknologi yang diterapkan pada era awal layar berwarna. Menggunakan sistem kawat yang direntangkan vertikal dan horizontal untuk memberi daya pada tiap-tiap piksel. Kelemahannya antara lain respon yang lambat, kualitas gambarnya rendah, dan kurang terang. STN merupakan kepanjangan dari Super Twisted Nematic, sementara CSTN adalah Color Super Twisted Nematic.

mix2

Active-matrix (TFT, TFD)
Active matrix menggunakan teknologi yang sama dengan teknologi pada notebook, menempatkan transistor (TFT=Thin Film Transistor) atau dioda (TFD=Thin Film Diode) pada setiap piksel sehingga dapat bekerja sendiri-sendiri. Sistem ini menghasilkan gambar yang tajam, terang, dan respon yang cepat. Penggunaan dioda untuk layar ini lebih hemat daya daripada penggunaan dioda.

OLED (Organic Light-Emitting Diode) juga dikenal sebagai LEP (Light-Emitting Polymer) dan OEL (Organic Electro-Luminescence). Bekerja dengan cara menempatkan titik-titik polimer organik yang dapat memancarkan cahaya jika ada arus listrik. Memiliki kelebihan lebih tipis, terang, responsif, dan hemat daya. Layar berteknologi OLED ini kemudian dikembangkan menjadi AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) dan Super Amoled.

Mengenali tipe-tipe layar handphone, selain menambah wawasan, juga akan mempermudah Anda untuk menaksir kualitas ponsel idaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.