Tips BlackBerry: Harus Sering Back Up kontak BBM

0
333

Sering kawan kita meminta untuk re-invite dia di BBM karena daftar kontak BBM-nya terhapus. Kadang kita juga bisa kehilangan daftar kontak BBM karena sebab-sebab tertentu. Namun cara seperti itu tentu merepotkan. Baiknya kita harus punya backup dari kontak BBM kita, supaya apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan, kita tidak perlu repot-repot tanya kesana-kesini. Cara backup dan restore kontak BBM adalah:

  1. Back-up kontak BBM ke e-mail
    Langkah-langkahnya adalah:

    • Buka aplikasi BBM pada BlackBerry
    • Setelah masuk halaman BBM, tekan tombol ‘Menu‘ kemudian pilih ‘Options‘. Scroll ke bawah sampai menemukan ‘Contact List‘, kemudian pilih ‘Save a copy of your contact list‘.
      Pada BlackBerry keluaran baru, opsi ini dapat langsung diakses dari ‘Menu‘, pilih ‘Option‘, kemudian scroll ke bawah sampai ada tulisan ‘Backup Management
      Ada dua pilihan pada menu ini, diantaranya ‘Backup files remotely’ (menggunakan fitur e-mail yang sudah harus terintegrasi dengan BlackBerry Anda) dan ‘Backup files locally’ (backup kontak BBM ke Device Memory (Blackberry) atau Memory Card. Pilih “Backup files remotely’.
    • Akan muncul daftar e-mail yang telah terintegrasi dengan BlackBerry Anda. Apabila di bagian bawah alamat e-mail menunjukkan tulisan ‘not registered’, berarti backup contact BBM belum teregister dengan e-mail itu. Anda harus meregisterkan email tersebut terlebih dahulu. Caranya mudah asalkan Anda mengecek e-mail tersebut untuk melakukan proses verifikasi.
  2. Back-up kontak BBM ke Memory Card/Media Card
    Langkah awalnya hampir sama dengan cara memback-up BBM ke e-mail:

    • Tekan tombol ‘Menu‘ pada aplikasi BBM, kemudian pilih ‘Options‘. Scroll ke bawah sampai menemukan ‘Contact List‘, kemudian pilih ‘Save a copy of your contact list‘.
      Pada BlackBerry keluaran baru, opsi ini dapat langsung diakses dari ‘Menu‘, pilih ‘Option‘, kemudian scroll ke bawah sampai ada tulisan ‘Backup Management‘.
    • Ada dua pilihan pada menu ini, diantaranya ‘Backup files remotely’ (menggunakan fitur e-mail yang sudah harus terintegrasi dengan BlackBerry Anda) dan ‘Backup files locally’ (backup kontak BBM ke Device Memory (Blackberry) atau Memory Card. Pilih backup files locally.
    • Selalu gunakan Media Card untuk melakukan proses ini agar tidak memberatkan memori handset. Jika perlu, tanda cek (contreng) dapat ditambahkan ke kolom ‘Auto save contact list changes’ agar setiap ada penambahan kontak baru, proses backup akan langsung dijalankan.
    • Setelah semua settingan beres, tekan Backup Now. Akan ada perintah untuk menentukan lokasi target penyimpanan. Buat saja folder baru. Jika foldernya telah dibuat, masuk ke folder tersebut, kemudian tekan menu dan pilih ‘Select Here’. Terakhir, pilihlah ‘Save’.
  3. Restore kontak BBM
    Cara yang membalikkan fungsi backup, restore adalah suatu proses untuk ‘mengembalikan’ data BBM dari media penyimpanan/e-mail ke BlackBerry. Langkah-langkahnya adalah:

    • Buka aplikasi BBM
    • Setelah masuk halaman BBM, tekan tombol ‘Menu‘ kemudian pilih ‘Options‘. Scroll ke bawah sampai menemukan ‘Contact List
    • Pilih ‘Restore‘ pada menu ‘Restore a previously saved copy of your contact list‘.
    • Akan muncul 2 pilihan pada menu ini, antara lain ‘restore using email’, dan restore using a backup file from device’. Pilih menu restore using email apabila Anda hendak merestore data BBM dari email. Proses ini memang berlangsung agak lama. Pilihlah ‘Restore a previously saved copy of your contact list’ apabila Anda hendak melakukan proses restore dari media card.

    Pada BlackBerry keluaran baru, opsi restore ini dapat langsung diakses dari ‘Menu‘ pada jendela BBM, pilih ‘Option‘, kemudian scroll ke bawah sampai ada tulisan ‘Backup Management‘.

6. backup and restore 2.jpg

Sumber:
Most Wanted Tips of BlackBerry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.