Tips: Harus Bagaimana Ketika Membeli BlackBerry 2nd

0
140

Apabila kondisi keuangan tidak mendukung untuk handset baru, ada baiknya juga memikirkan handset bekas. Banyak para pemerhati teknologi yang membeli handset dan langsung menjualnya begitu merasa kurang puas dengan fitur yang ada pada handset tersebut. Dengan kondisi yang masih bagus dan harga lebih murah, tak ada salahnya memikirkan kemungkinan handset 2nd.

Namun sebelum membawa pulang handset 2nd dari toko, ada banyak hal yang harus kita cermati:

  1. Cari referensi harga.
    Sebelum menyetujui kesepakatan dengan si penjual, ada baiknya kita tahu kisaran harga handset yang sedang kita incar. Jangan sampai ditipu penjual.
  2. Cek kelengkapan legalitasnya.
    Pastikan nomor IMEI di tiga tempat sama. Satu ada di sisi luar box kemasan, satu di punggung handset di balik baterai, satu di firmware handset (Option > Status, atau tekan Shift + Alt + H pada halaman Home). Pastikan semua surat-surat dan manual booknya lengkap, termasuk garansi resminya.
  3. Pandai-pandailah menawar.
    Handset 2nd biasanya masih dilepas dengan harga yang lumayan tinggi oleh para penjual. Supaya mencapai harga ideal, kita harus pandai menawar. Tentu saja, sambil berdiskusi kita bisa mengecek keseluruhan kondisi handset yang akan dibeli.
  4. Periksa dan tes perangkat pendukungnya seperti headset dan charger. Pastikan perangkat pendukung tersebut memang keluaran BlackBerry dan masih berfungsi dengan baik.
  5. Cermati kondisi fisik handset yang akan dibeli. Goresan sedikit saja biasanya bisa membuat harganya turun.
  6. Pastikan BB tersebut berfungsi dengan baik dan masih optimal.
    • Cek segala fitur dari handset tersebut, termasuk kamera dan tombol-tombolnya. Pada pengoperasiannya, cek dan pastikan juga:
    • PIN-nya tidak diblokir (karena ada kemungkinan itu HP curian)
    • SIMnya tidak terkunci (terkunci=berarti masih terikat kontrak dengan distributor luar negeri dan tidak bisa dipakai di Indonesia)
    • Operatornya terkunci (masih terdaftar atas nama pemiliknya yang terdahulu)

Banyaknya yang harus dicek dan membutuhkan ketelitian pasti repot. Namun membeli HP bekas pakai orang lain, tentu memang butuh ketelitian supaya tidak rugi nantinya, bukan?

BlackBerryCurve8520

Sumber:
Panduan Praktis Memilih dan Membeli BlackBerry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here