Tips Jika Perangkat Kesayangan Terkena Hujan

0
377

Musim hujan sudah datang dan beberapa wilayah Indonesia sudah sering diguyur mendadak. Kebanyakan dari kita pasti tidak siap dalam menanggulangi hujan, dan pastinya akan kebasahan. Tak jarang, ponsel kesayangan yang disimpan di saku atau di tempat lain juga kena air! Jika sudah begini, apa yang harus kita lakukan?

misc_wet cell1

Pertama, kita lihat dulu apa yang terjadi di layar perangkat kita. Jika tidak ada sesuatu yang aneh, segera matikan perangkat dengan cara normal, karena itu tandanya air masih belum mengenai tempat-tempat berbahaya pada perangkat Anda. Jika ada keanehan pada display (dulu saya pernah mengalami layar blank padahal lampu layar dan lampu keypad menyala semua), segera buka tutup belakang perangkat Anda dan cabut baterainya.

Langkah kedua setelah perangkat kita dalam kondisi mati, sebaiknya kita langsung ke proses pengeringan. Jika tadi Anda mematikan perangkat dengan cara normal, keringkan dengan cara biasa (dilap saja permukaannya). Jika ada trobel, perangkat dibongkar terlebih dahulu. Jika Anda sudah cukup yakin dengan kemampuan membongkar handphone, bongkar saja. Bisa dibantu dengan foto supaya kita punya pedoman bagaimana memasangnya lagi nanti. Pertama kita harus membongkar kerangka perangkat, kemudiaan diikuti oleh pelepasan LCD, keyboard, dan lain-lain.

Kemudian segera keringkan dengan media apa saja yang ada:

  1. Ada yang menyarankan diletakkan di dalam beras beberapa hari (panas dari beras akan menguapkan air yang tersisa di dalam perangkat kita).
  2. Ada yang menggunakan hair dryer dan mulai meneringkan perangkat secara perlahan-lahan.
  3. Ada pula yang menggunakan angin dari setrika panas jika di rumah tidak ada hair dryer.
  4. Atau cara terakhir, jemur tanpa terkena sinar matahari langsung. Intinya, keringkan perangkat Anda sehingga benar-benar kering menggunakan cara apapun juga.

Setelah yakin betul-betul kering, kita bisa memasang lagi segala komponen perangkat yang tadinya kita bongkar. Jangan salah pasang, bagian ini harus dilakukan dengan hati-hati. Setelah semua komponen berada pada tempatnya yang semestinya, nyalakan HP yang tadinya kena air. Jika perangkat kesayangan kembali menyala, selamat, Anda sudah berhasil mengembalikan “nyawa” perangkat kesayangan Anda.

Jika perangkat Anda menyala dengan beberapa keanehan (Sony Ericsson saya keypad U-I-O-P-nya mati ketika saya coba nyalakan kembali), berarti air sempat membuat perangkat Anda rusak dan kemungkinan rusaknya akan permanen. Jika sudah begini, bagian yang rusak harus dibawa ke toko komponen HP dan berharap saja mereka punya suku cadang yang rusak tadi. Setelah suku cadang diganti, pasang kembali semuanya, dan seharusnya kali ini perangkat Anda menyala dan berfungsi normal.

 

Sumber:
tim x-phones

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.