Tips: Ketahui Jenis Baterai Untuk Memperpanjang Umurnya

0
219

Tips tentang menghemat baterai sudah diulas pada artikel sebelumnya. Disitu telah dijabarkan lengkap bagaimana membuat handset Anda bertahan lebih lama. Namun, disamping yang sudah dibahas, ternyata ada lagi faktor yang mempengaruhi kinerja baterai. Apa saja?

misc_battery nokia BL4C

Matikan Fitur Penunjang.
Kita semua tahu bahwa kemampuan baterai makin besar. Namun, hal ini juga dibarengi dengan makin beratnya spesifikasi handset yang harus ditanggung oleh sebuah baterai. Langkah yang paling nyata memang mematikan seluruh fasilitas penunjang kenyamanan, semisal getar dan ringtone, brightness, multimedia, dan GPS/koneksi lain.

Mengetahui Jenis Baterai.
Beda jenis baterai, beda pula cara chargingnya. Cara charging yang salah akan merepotkan kita sendiri nantinya. Ada beberapa jenis baterai, yaitu:

  1. NiCD
    Baterai ini memiliki ukuran dan kapasitas yang besar. Pengisian ulangnya harus menunggu baterai habis total agar umur baterai bertahan lebih lama. Baterai tipe ini masih memiliki memory effect. Apa memory effect itu? Memory effect adalah suatu kondisi dimana daya terakhir yang diisikan ke dalam baterai akan dianggap daya penuh baterai tersebut.
    Jadi misal kita charge baterai sampai 80% saja, suatu saat si baterai bisa “lupa” bahwa masih ada 20% tersisa. 80% itu akan dianggap sebagai 100%.
  2. NiMH (Nickel Metal Hydride)
    Masih memiiki memory effect, namun hanya sementara. Solusi supaya memory effect tersebut tidak mengganggu, chargingnya harus sama seperti baterai NiCD. Harus menunggu sampai dayanya benar-benar habis.
  3. Li-Ion (Lithium Ion)
    Baterai Li-Ion tidak lagi memiliki memory effect, jadi bisa dicharge tanpa harus menunggu dayanya benar-benar habis. Konsekuensinya, baterai ini memiliki lifetime yang lebih pendek dari dua pendahulunya.
  4. Li-Po (Lithium Polymer)
    Baterai ini ramah lingkungan. Namun karena memiliki kandungan liquid (cairan) bertekanan di dalamnya, baterai ini mudah berubah bentuk. Baterai Li-Po harus dicharge justru sebelum dayanya benar-benar habis. Apabila memaksa, handset akan susah dinyalakan karena baterainya belum pulih total.

Memperpanjang umur baterai
Rata-rata, umur baterai adalah 400-450 kali charging. Jika proses charge dilakukan tiap malam, maka umur baterai kita paling tidak bertahan sekitar setahun.
Namun jika proses charging makin jarang dilakukan, tentu umur baterai akan bertahan lebih lama. Beberapa trik untuk memperlama usia baterai kita bisa melakukan beberapa hal di bawah:

  1. Persingkat waktu charging. Dengan kondisi handset dimatikan, misalnya.
  2. Hindari penggunaan multiple SIM secara bergantian (karena akan menguras daya baterai ketika mencari sinyal operator).
  3. Matikan penggunaan fitur yang tidak perlu, seperti pada artikel x-phones sebelumnya.
  4. Hindari benturan dan percikan air untuk mencegah korsleting.

 

Sumber:
tabloidpulsa.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here